Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mengganti Suara Notifikasi di Windows Phone 8.1

Anom Penulis

Maafkan kami. Setelah sekian lama, baru sekarang kami membahas bagaimana mengganti suara notifikasi di Windows Phone 8.1. Mungkin sudah banyak yang tahu ya. Tapi nggak apa-apa. Siapa tahu masih ada yang butuh informasinya.

Yang bikin saya ingat hal ini adalah saya masih sering mendengar suara notifikasi yang sama dari berbagai ponsel Windows Phone. Misalnya waktu meet-up. Saat salah satu teman menerima pesan WhatsApp, tanpa sadar semua yang hadir otomatis melirik ponsel mereka masing-masing.

Kenapa bisa begitu? Sebenarnya hanya karena pilihan suara notifikasi yang singkat tidak banyak. Jadi, untuk notifikasi aplikasi chatting (terutama yang mendukung grup), rata-rata akan menggunakan suara yang itu-itu saja (ahem, Alert 5?).

Untuk yang sudah mencoba Windows Phone 8.1 preview developer tentu sudah tahu kalau beberapa keterbatasan dilepas. Sekarang kita lebih leluasa mengatur beberapa hal, termasuk suara notifikasi. Suara notifikasi ini juga sekarang terpisah dari ringtone.

Untuk mengganti suara notifikasi:

  1. Kita perlu menuju pengaturannya di Setting -> Notifications+Actions.
  2. Di sana, di bawah pengaturan Quick Action, akan ada daftar aplikasi apa saja yang menggunakan notifikasi. Pilih salah satu (misalnya WhatsApp).
  3. Di pengaturan WhatsApp, kita bisa mengatur banner (dulu disebut toast), suara notifikasi, dan vibrasi. Pilih suara notifikasi.
  4. Pilih suara notifikasi sesuai kesukaan kamu.

Pada titik ini, mungkin akan ada pertanyaan di benak kamu. Kok di ponsel saya pilihannya cuma itu-itu saja? Nggak ada custom sound tuh? Untuk hal ini, kamu bisa membuat atau mentransfer suara atau ringtone buatan sendiri dari komputer maupun dari Ringtone Maker dan Ringtone Maker 8.1, atau memanfaatkan aplikasi lain seperti Sky Music, Nokia Tones, Ringtone BoxNotification Sounds, dll.

Ada jalur lain untuk mengganti ringtone, yaitu melalui aplikasi yang bersangkutan itu sendiri. Tapi ada beberapa hal yang berbeda.

Pertama, pengaturannya berbeda dengan yang ada di Setting Windows Phone. Pengaturan ini tergantung pada aplikasi masing-masing (setting di dalam aplikasi). Apakah menyediakan custom sound atau tidak. Kedua, suara yang ada tergantung oleh aplikasi tersebut. Aplikasi Tweet It misalnya, menyediakan suara yang berbeda dari yang ada di ponsel. Tapi WhatsApp merujuk pada suara standar seperti di Setting Windows Phone. Bedanya, tidak ada custom sound yang kita tambahkan sendiri (lihat gambar).

Hal itu mungkin masih merupakan keterbatasan Windows Phone. Namun, hal ini tentunya bisa berubah di masa mendatang. Seperti halnya custom sound untuk notifikasi ini.

Kalau ingin memiliki suara notifikasi yang berbeda, menurut hasil coba-coba saya, ganti suara notifikasi melalui Setting Windows Phone. Kenapa? Karena selain kita bisa menambah sendiri suara sesuai keinginan kita, penggantian di Setting Windows Phone mengalahkan penggantian di setting aplikasi.

Contohnya ya gambar di atas. Walaupun saya mengatur Alert 5 sebagai tone melalui setting di dalam aplikasi WhatsApp, suara yang terdengar kalau ada notifikasi adalah suara custom sound yang saya atur melalui Setting Windows Phone (isn’t it dari aplikasi Notification Sounds. Suaranya kayak suara burung).

Nah, selamat mencoba. Kalau ada yang punya pengalaman berbeda, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.