Cara Menggunakan Clipboard History di Windows 11

Indri Penulis

Windows 11 punya fitur Clipboard History untuk meng-copy banyak item. Kamu bisa coba cara menggunakan Clipboard History Windows 11 di sini.

Sebagai pengguna komputer, kamu tentu akrab banget dengan aktivitas copy dan paste kan? Ya, aktivitas ini memang sering dilakukan banyak pengguna komputer kerena dipercaya mampu mempercepat dan memudahkan pekerjaan yang dilakukan. Kamu bisa menyalin/meng-copy dari sebuah konten, lalu menempelkannya ke tempat yang diinginkan.

Fyi, Windows juga punya fitur yang bisa menyalin dan menyimpan item dalam jumlah banyak lho. Fitur tersebut mereka namakan sebagai Clipboard History. Jadi nanti setiap kali kamu menyalin, item tersebut akan otomatis tersimpan ke Clipboard. Setelah menyalin item, kamu nggak perlu buru-buru menempelkannya. Kamu bisa menyalin konten lain, tanpa perlu menghapus apa yang sudah kamu salin sebelumnya.

Nah biar tambah paham, kali ini saya akan kasih tips dan cara gampang menggunakan Clipboard History di Windows 11. Baca sampai bawah ya.

Cara Mengaktifkan Clipboard History

Perlu kamu tahu, fitur Clipboard History bersifat opsional. Jadi kamu perlu mengaktifkan fitur itu terlebih dulu sebelum menggunakannya. Sebenarnya ada dua cara untuk mengaktifkan Clipboard History yakni lewat Settings dan juga Emoji.

Tapi kali ini saya akan kasih cara yang paling praktis, yakni mengaktifkan Clipboard History lewat Emoji. Begini langkah-langkahnya:

  • Tekan shortcutWindows + V” di keyboard.
  • Selanjutnya klik tombol “Turn on.”

Oya karena Clipboard History adalah bagian dari panel Emoji, kamu juga bisa mengakses fitur tersebut dengan menekan shortcutWindows + ;” atau “Windows + .

Cara Menyinkronkan Clipboard History

Setelah kamu mengaktifkan Clipboard History, kamu bisa mengonfigurasi fitur untuk mengunggah dan menyinkronkan konten yang di-copy ke seluruh perangkat yang ditautkan dengan akun Microsoft (bahkan termasuk yang masih pakai Windows 10).

Untuk menyinkronkan Clipboard History, seperti ini langkah-langkahnya:

  • Klik kanan tombol Start dan pilih “Settings.”
  • Selanjutnya klik menu “System.”
  • Setelah itu klik halaman “Clipboard” yang ada di sisi kanan.
  • Sekarang klik tombol “Get Started” di bagian “Share across devices.”
  • Lakukan verifikasi nomor telepon (kalau diperlukan).
  • Sekarang nyalakan toggleSync across your devices.”
  • Pilih opsi sinkronisasi yang akan kamu pakaikan ke Clipboard History.
  • Opsi “Automatically sync text that I copy”: Clipboard History akan disinkronkan ke cloud dan di seluruh komputer yang ditautkan dengan satu akun Microsoft.
  • Opsi “Manually sync text that I copy”: Kamu harus memilih konten yang akan diunggah ke cloud ‘secara manual’ supaya bisa sinkron di seluruh perangkat.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas, item yang disimpan dalam Clipboard History akan disinkronkan ke seluruh perangkat. Dengan begitu, kamu bisa menempelkan teks/gambar di perangkat lain dengan mudah.

Cara Menggunakan Clipboard History

Sebenarnya cara kerja Clipboard History mirip dengan aktivitas copy dan paste biasa. Cuma bedanya, Clipboard History dibekali antarmuka yang memungkinkan kamu untuk meninjau dan mengelola item copy-an. Plus kalau kamu mengaktifkan opsi sinkronisasi, kamu bisa menempelkan teks/gambar ke Clipboard di seluruh perangkat.

Di Windows 11 saat fitur Clipboard diaktifkan, kamu bisa menggunakan shortcutCTRL + C” untuk menyalin item, dan shortcut CTRL + V” untuk paste/menempelkan item. Sementara untuk melihat daftar item yang pernah disalin, kamu bisa tekan shortcut Windows + V.”

Untuk menyalin dan menempelkan item pakai fitur Clipboard History, praktikkan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi tertentu, sebagai contoh di sini saya mau buka aplikasi Microsoft Office Word.
  • Sekarang pilih teks/gambar yang mau kamu copy (sebagai contoh, saya akan menyalin teks).
  • Klik kanan teks/gambar tersebut dan pilih opsi “Copy” atau “Cut.”
  • Selanjutnya tekan shortcut Windows + V,” dan teks yang tadi disalin otomatis akan masuk di Clipboard History.
  • Kamu bisa klik tombol Pin untuk menandai item yang akan sering diakses (biar aksesnya lebih cepat).
  • Kamu juga bisa klik “Clear All” untuk menghapus semua Clipboard History.
  • Kalau mau menghapus salah satu item, klik tanda titik tiga di samping item dan klik ikon tempat sampah.

Oya perlu kamu tahu, nggak semua aplikasi mendukung pemakaian Clipboard History. Beberapa aplikasi yang mendukung fitur ini adalah Microsoft Office, Snipping Tool, dll.

Kalau aplikasi tersebut mendukung penyalinan item ke Clipboard History, semua item yang kamu salin dari sana pasti akan langsung masuk ke Clipboard History. Tapi kalau nggak mendukung, item tersebut nggak akan terdeteksi di Clipboard History. Namun sebagai gantinya, kamu bisa tetap melakukan aktivitas copy & paste seperti biasa (tanpa Clipboard History).

Cara Menonaktifkan Clipboard History

Untuk menonaktifkan Clipboard History, kamu tinggal klik kanan tombol Start. Setelah itu klik “System > Clipboard” dan matikan toggleClipboard History” (sebenarnya cara ini juga bisa kamu pakai untuk mengaktifkan Clipboard History sih).

    %d blogger menyukai ini: