Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Menggunakan Fungsi Reminder dan Lokasi Cortana

Anom Penulis

Cortana sebagai asisten pribadi di Windows Phone yang kita miliki, memang memiliki banyak kemampuan menarik. Baik yang bersifat menghibur, maupun yang fungsional. Salah satu hal fungsional yang saya sukai adalah menggunakan Cortana dengan fungsi reminder dan lokasi.

Cortana memang terintegrasi dengan kalender beserta berbagai fiturnya. Ia juga terintegrasi dengan peta (misalnya untuk cari makan). Nah, menggabungkan keduanya sangat menarik untuk dicoba.

Karena saya sering diminta untuk menjemput keponakan saya di sekolah, saya menggunakan Cortana untuk membantu saya. Yang saya lakukan adalah meminta Cortana mengingatkan saya tentang jadwal belajar (lesson plan) keponakan saya saat saya tiba di sekolahnya.

Saya menyimpan lokasi sekolah sebagai favorit place di peta Windows Phone (bukan HERE Maps). Biasanya, kalau kita sering mengakses suatu lokasi, Cortana akan menanyakan tempat apakah itu (misalnya rumah atau kantor). Tapi lokasi sekolah ini saya tambahkan sendiri.

Begitu lokasi tercatat di Maps, kita bisa memanfaatkan fitur lokasi (tepatnya geofencing) yang ada di Windows Phone dan terintegrasi dengan Cortana. Geo-fence adalah sebuah fitur penandaan radius lokasi. Jadi ketika sebuah ponsel yang mendukung layanan berbasis lokasi memasuki area lokasi yang ditandai, maka ponsel itu akan menerima pemberitahuan.

Begitulah, maka saya pun mengaktifkan Cortana dan memberikan fatwa: “Remind me about lesson plan when I arrive at Tumbuh Primary“. Kalau ada yang belum jelas (dalam kasus ini adalah nama lokasi yang karena Javanglish jadi rancu) Cortana akan menanyakannya kembali.

Kalau semua sudah jelas, maka Cortana akan melakukan konfirmasi pencatatan. Kita cukup menjawab “Yes”, maka catatan Reminder akan dibuat berdasarkan geofencing tadi.

Cortana akan menunjukkan hasil catatan tadi sambil berjanji untuk mengingatkan kita. Benar saja, ketika saya membelok memasuki area sekolah keponakan saya, Reminder berbunyi. Saya menerima notifikasi tentang lesson plan tadi. Kita bisa memutuskan apakah akan menandainya komplit, atau menggunakannya untuk kesempatan berikutnya.

Hal ini akan berguna saat kita sedang berkendara dan perlu diingatkan sesuatu saat sampai di tujuan. Apalagi kalau tidak sempat mengetik sendiri. Tinggal bicara saja.

Oya, yang juga tidak kalah menarik, semua percakapan dengan Cortana tadi hanya menggunakan satu kali tap (di awal) saja. Setelah itu, semua otomatis dilakukan oleh Cortana. Bayangkan bagaimana asiknya kalau fungsi Hey, Cortana sudah ada. Apalagi kalau versi Indonesia sudah ada.

Memang, kelemahan terbesar ada di bahasa. Kita harus menggunakan region Amerika Serikat dan bahasa Inggris (Amerika Serikat) untuk bisa menggunakannya (jangan lupa juga mengaktifkan GPS). Memang Cortana sudah akan tersedia di region lain seperti Inggris, Kanada, India, Australia dan China (Xiao Na). Tapi belum tahu kapan tersedia di Indonesia (mungkin kalau penggunanya sudah lebih banyak?). Yang jelas, dalam menggunakan Cortana berbahasa Inggris, logat juga menentukan prestasi kita :D.

Harap dicatat, saya belum mencoba dengan lokasi yang lebih umum (belum difavorit). Mungkin akan saya coba kapan-kapan.