Cara Menggunakan Fitur Menu Send To Windows 11 (Tambah & Hapus Opsi)

Indri Penulis

Menggunakan fitur menu Send To di Windows 11 akan mempermudah hidupmu. Simak cara lengkap pakai menu Send To Windows 11 di sini.

Sebagai pengguna Windows 11, sudah tahu belum kalau Windows 11 punya fitur “Send To?” Singkatnya, Send To adalah cara menyalin file/folder ala Windows dengan menggunakan shortcut, dan nggak perlu pindah-pindah halaman. Dengan sekali klik, file/folder akan pindah ke lokasi tujuan dengan cepat dan praktis.

Di mana letak menu Send To Windows 11? Dulu Send To tersedia di dalam menu konteks Windows 11, ya sebelum desainnya dirombak ulang. Sekarang, kamu bisa menemukan Send To dengan mengklik “Show more options” di bagian bawah menu konteks.

Sayangnya menu Send To hanya mendukung beberapa opsi default (yang menurut saya terbatas banget). Tapi tenang, kamu bisa menambah dukungan lokasi ke menu Send To kok (contohnya ke printer, Photoshop, PhotoScape, Winamp, dll). Caranya yakni dengan membuat shortcut khusus.

Hahaha.. Nggak perlu bingung. Kamu bisa baca tutorial menggunakan menu Send To Windows 11 di bawah ini. Saya jamin kamu akan langsung bisa mempraktikkannya!

Cara Menambah Opsi Shortcut ke Menu “Send To”

Untuk mengkustomisasi menu “Send To,” kamu harus membuka folder SendTo terlebih dulu. Baru setelah itu, kamu bisa menambahkan opsi shortcut baru ke dalam folder tersebut. Nah, jadi seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Tekan kombinasi tombol “Windows + R” di keyboard.
  • Ketik “shell:SendTo” di kotak Run’s Open.
menggunakan send to windows 11
  • Selanjutnya klik “OK” untuk membuka folder SendTo.
  • Sekarang klik kanan folder SendTo dan pilih “New.”
menggunakan send to windows 11
  • Kemudian klik opsi “Shortcut” untuk membuka jendela baru.
  • Klik “Browse” untuk membuka jendela pemilihan folder.
menggunakan send to windows 11
  • Pilih folder/item perangkat lunak untuk ditambahkan. Sebagai contoh, di sini saya memilih PhotoScape.
  • Setelah itu klik tombol “OK.”
  • Klik “Next” untuk melanjutkan ke langkah terakhir.
  • Terakhir, masukkan judul shortcut dan tekan tombol “Finish.”

Sekarang coba klik kanan salah file (terserah, bisa foto atau video) dan pilih menu “Send To.” Setelah itu kamu akan melihat opsi baru di Send To, berupa shortcut perangkat lunak yang tadi kamu tambahkan.

Kamu juga bisa menambah folder standar atau penyimpanan cloud (Google Drive, OneDrive atau iCloud) ke menu Send To, dengan cara mengulangi langkah-langkah di atas. Tapi kamu harus menginstal aplikasi penyimpanan cloud terlebih dulu supaya folder-nya tersedia dan bisa kamu pilih dalam File Explorer.

Oya, kamu juga bisa pakai cara lain untuk menambah item ke folder SendTo di dalam File Explorer. Caranya yakni dengan drag and drop (seret dan lepas) folder dan shortcut desktop ke folder SendTo. Untuk menyeret item ke folder tersebut, klik item sambil tetap tahan tombol kiri mouse, lalu pindahkan folder/shortcut desktop ke SendTo.

Cara Menambah Printer ke Menu “Send To”

Menambahkan opsi printer ke dalam menu Send To penting banget, khususnya buat kamu yang sering mencetak dokumen via printer. Dengan menambahkan opsi ini, kamu bisa langsung mencetak dokumen tanpa perlu membukanya terlebih dulu. Begini caranya:

  • Tekan shortcut Windows + R.”
  • Ketikkan “shell:PrintersFolder” di dalam kotak teks.
menggunakan send to windows 11
  • Klik “OK” untuk menjalankan perintah.
  • Klik kanan printer dan pilih menu “Create shortcut” untuk bikin shortcut di menu Send To.
menggunakan send to windows 11
  • Tekan tombol “Yes” untuk mengonfirmasi perintah.
  • Sekarang buka folder SendTo seperti cara sebelumnya.
  • Setelah itu, seret shortcut printer dari desktop ke folder SendTo.

Cara Menghapus Shortcut dari Menu “Send To”

Selain menambah, kamu juga bisa menghapus shortcut Send To. Caranya gampang yakni dengan menghapusnya dari folder menu tersebut.

Buka folder SendTo lewat Run (ikuti langkah-langkah sebelumnya). Klik kanan shortcut yang mau kamu hapus dan pilih ikon tempat sampah yang ada di bawah.

Oya, untuk memilih dan menghapus beberapa shortcut, kamu bisa tekan dan tahan tombol “CTRL.” Kamu juga bisa tekan hotkey CTRL + A” untuk memilih semua yang ada di folder SendTo, lalu klik tombol berlogo tempat sampai di File Explorer.

    %d blogger menyukai ini: