Cara Menghapus Aplikasi Startup Windows 11 Biar Booting Makin Cepat

Indri Penulis

Gimana cara menghapus aplikasi startup di Windows 11? Kamu bisa coba caranya di sini biar booting Windows-mu terasa lebih cepat.

Suka bertanya-tanya nggak sih, kira-kira kenapa proses masuk alias booting Windows 11-mu lama banget? Kalau laptop Windows 11 yang lain cuma perlu waktu beberapa detik, punyamu mungkin hampir memakan waktu 1 menit.

Hm.. Perlu kamu tahu, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa bikin booting Windows lama. Salah satunya adalah ada beberapa aplikasi startup atau layanan yang terbuka secara otomatis saat laptop/komputer dinyalakan. Hal ini jelas bisa memberikan dampak negatif buat kinerja dan waktu muat Windows-mu.

Perlu kamu tahu, setelah menginstal semua aplikasi, sebenarnya kamu masih perlu meninjau pengaturan “Startup” lho. Di sana kamu bisa menonaktifkan beberapa aplikasi startup atau layanan yang bisa hidup secara otomatis. Sehingga beban kerja sistem saat booting berkurang, dan proses booting terasa lebih enteng.

Terus bagaimana cara menonaktifkan atau menghapus aplikasi startup di Windows 11? Tenang, kamu bisa coba langkah-langkah berikut ini:

  • Klik kanan tombol Start.
  • Pilih “Settings” untuk membuka pengaturan.
  • Setelah itu klik menu “Apps” yang ada di sisi kiri.
  • Selanjutnya klik halaman “Startup” yang ada di sisi kanan.
  • Sekarang matikan toggle untuk menonaktifkan aplikasi saat proses booting.
  • Pilihlah beberapa aplikasi sesuai seleramu.

Selesai deh. Sekarang setelah kamu menonaktifkan beberapa aplikasi startup di Windows 11, proses booting Windows-mu akan terasa lebih cepat (tergantung aplikasi dan layanan apa yang kamu nonaktifkan di Windows 11).

Oya, sebenarnya menonaktifkan aplikasi startup bukan satu-satunya cara untuk membuat booting Windows 11 lebih cepat. Dalam artikel sebelumnya, saya sempat membahas cara mempercepat booting Windows 11. Kamu mungkin juga bisa mencoba cara-cara tersebut biar booting makin whussss secepat kilat. Hehehe!

    %d blogger menyukai ini: