Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mengintip Windows 10 Mobile: App Switcher

Anom Penulis

Setelah membahas start screen, daftar aplikasi, notification & action center, kali ini kami mau membahas app switcher Windows 10 Mobile. App switcher dikenal juga dengan nama multi tasking. Dengan fitur ini, kita bisa dengan mudah dan cepat berpindah antar aplikasi.

App switcher menampilkan sejumlah aplikasi yang sebelumnya kita gunakan. Di Windows 10 Mobile, terdapat beberapa perubahan yang cukup menarik.

Dari sisi akses, fitur app switcher tidak memiliki perbedaan dengan versi Windows Phone 8.1. Sedangkan dari sisi tampilan dan perilaku, ada pengembangan yang radikal.

Akses app switcher: Tekan lama back.

Di Windows 10 Mobile, aplikasi yang sebelumnya kita gunakan terletak di sebelah kanan. Sedangkan di Windows Phone 8.1. ada di sebelah kiri. Perubahan ini disebut untuk menyesuaikan dengan perilaku di Windows 10 (desktop), yaitu saat kita menekan tombol alt+tab.

Kemudian, ponsel dengan layar besar mendapat perbedaan tampilan. Di layar besar, 8 aplikasi (jumlah maksimal) ditumpuk dalam dua baris dalam dua kolom, masing-masing bidang empat aplikasi. Sementara di layar kecil bersanding berjajar.

Lalu, ikon dan nama aplikasi sekarang terletak di atas. Ikon close/tutup juga berbeda dari sebelumnya. Sesuai dengan jenis ikon Windows 10.

Cara untuk menutup aplikasi masih sama dengan Windows Phone 8.1, yaitu swipe ke bawah. Animasinya juga masih sama, perlahan menjadi transparan dan menghilang.

Itulah fitur app switcher atau multi-tasking di Windows 10 Mobile. Apakah nanti masih akan ada perubahan? Ya kita tunggu saja.