Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mengintip Windows 10 Mobile: Keyboard

Anom Penulis

Masih dari seri Mengintip Windows 10 Mobile, kali ini kami hendak membahas keyboard Windows 10 Mobile. Salah satu pengembangan yang paling menarik di sistem operasi terbaru dari Microsoft ini.

Pengguna Windows Phone, terutama yang menggunakan sejak era Windows Phone 7, sudah mengenal karakteristik dan kemudahan penggunaan keyboard bawaan Windows. Keyboard ini memiliki pilihan bahasa, memberikan saran kata, merekam kekerapan penggunaan kata, bisa menambah kosa kata, dll. Untuk bahasa Inggris, ada fitur wordflow yang bisa digunakan dengan swipe tombol untuk menyusun kata.

Windows 10 Mobile meningkatkan fungsionalitas keyboard ke taraf yang lebih tinggi lagi. Fokus diarahkan pada penggunaan yang lebih mudah. Dengan kata lain, mementingkan bagaimana kita menggunakannya.

Tombol Baru Keyboard Windows 10 Mobile

Sekilas, dari segi tampilan, tidak terlalu terlihat perbedaannya dengan keyboard lama. Yah, ikonografinya memang berbeda (lihat ikon send, attachment, atau paste pada gambar di bawah). Hal yang menarik tidak terletak di situ.

Secara bawaan, ada beberapa perbedaan di sana.

  1. Ada tombol/titik/lingkaran di bawah huruf z dan x – Berfungsi sebagai kontrol kursor. Tap, tahan, dan geser tombol itu, dan kursor yang ada di bidang ketikan akan tergeser (atas, kiri, bawah, kanan).
  2. Fitur bahasa ada di spacebar – Berfungsi untuk mengganti pilihan bahasa keyboard. Swipe ke kanan/kiri untuk mengganti bahasa. Kalau kamu lebih suka dengan tombol bahasa di keyboard lama, jangan kuatir. Bisa diatur di halaman pengaturan/setting.
  3. Kalau menggunakan bahasa Inggris, akan muncul tombol [icon type=”fa fa-microphone” color=”#666666″ fontsize=”16″] dikte untuk mengaktifkan mengetik dengan suara.

Tangan Kanan atau Tangan Kiri

Seperti yang saya sebut di atas, keyboard ini bisa diatur sesuai kebutuhan kita menggunakan keyboard. Salah satu fungsi baru adalah menentukan apakah kita akan menggunakan keyboard sebagai pengguna tangan kanan, atau tangan kiri (kidal). Hal ini akan berpengaruh pada tombol kursor.

Perhatikan bahwa kalau kita memilih pengguna dengan tangan kanan, maka tombol kursor ada di sebelah kiri. Sementara kalau kita memilih sebagai pengguna tangan kiri (kidal), maka tombol kursor ada di sebelah kanan.

Tentu saja pilihan itu tidak baku. Kalau kamu kidal tapi terbiasa dengan keyboard standar, ya pilih saja keyboard untuk pengguna tangan kanan. Pilihan tetap ada di tangan kita.

Penggunaan di Layar Besar

Fungsi keyboard di ponsel berlayar besar juga berbeda dengan di layar kecil. Kalau diperhatikan, pada spacebar di keyboard layar besar terdapat ikon dua garis mendatar. Sedangkan di keyboard layar kecil tidak. Ikon itu merupakan tanda bahwa keyboard bisa digeser atau diubah ukurannya (resize).

  • Tap dan tahan space bar (sampai keluar garis tepi di sekeliling keyboard) untuk menggesernya.

Keyboard bisa digeser di mana pun. Geser ke atas atau ke bawah untuk mengaturnya, dari posisi normal di bawah, sampai mentok di atas. Keyboard juga memiliki latar belakang yang transparan (walau kurang tahu fungsinya apa).

Kalau kita ingin mengetik dengan satu tangan (walau pun jarang kemungkinannya), keyboard juga bisa menyesuaikan. Geser ke kanan dan ke kiri, maka keyboard akan mengecil dan diposisikan di sisi mana kita menggesernya.

Fitur ini mungkin lebih cocok untuk mereka yang menggunakan fitur wordflow. Sayangnya region Indonesia belum mendukung fitur itu.

Ralat: Region Indonesia sudah mendukung Wordflow. (Terima kasih, masukannya)

Pengaturan Keyboard Windows 10 Mobile

Halaman pengaturan keyboard yang utama adalah pilihan dukungan bahasa keyboard. Masih sama dengan Windows Phone 8.1. Pilih pengaturan keyboard selengkapnya kalau ingin mengatur perilaku keyboard.

Setting (Pengaturan) > Time and Language (Waktu dan Bahasa) > Keyboard > More keyboard setting (Pengaturan keyboard selengkapnya)

Selain pengaturan tombol dikte, pengalihan ketikan, tombol bahasa, tombol kursor, dan pilihan info, ada pengaturan pilihan ukuran keyboard untuk ponsel layar besar. Pilih fitur di atas sesuai dengan cara mengetik yang paling nyaman.

Itulah keyboard Windows 10 Mobile. Kalau ada kesalahan dan fitur yang kurang, kalian bisa melaporkannya melalui aplikasi Tanggapan Windows (Windows Feedback).