Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mengintip Windows 10 Mobile: Notification & Action Center

Anom Penulis

Melanjutkan seri Mengintip Windows 10 Mobile, sekarang mari kita lihat Notification & Action Center Windows 10 Mobile. Bagian ini mendapat perubahan yang cukup signifikan. Sisi fungsionalitas didorong lebih maksimal, sehingga pengguna bisa mengatur fitur Windows Phone dan merespon notifikasi yang hadir lebih cepat.

Notification Center Windows 10 Mobile

Notification Center mendapat sedikit perubahan tampilan, termasuk banner yang biasa muncul di bagian atas layar. Namun perubahan terbesar ada di fungsinya alias bagaimana kita merespon.

Nantinya, notifikasi yang datang bisa langsung kita respon tanpa membuka aplikasi yang bersangkutan. Sebagai contoh, saat menerima notifikasi SMS, kita bisa langsung membalas SMS tersebut dari Notification Center. Ya, seperti platform lain. Namun, saat ini yang bisa seperti itu baru SMS saja. Saya mencobanya dengan WhatsApp, tapi masih belum bisa (mungkin ada yang bisa mengkonfirmasi aplikasi lain?).

Notifikasi sekarang juga lebih independen. Dulu menghapus notifikasi (swipe ke kanan) berarti menghapus satu kategori notifikasi aplikasi. Sekarang kita bisa menghapusnya persatuan. Swipe salah satu notifikasi untuk menghapusnya. Untuk menghapus semua notifikasi dari satu aplikasi, swipe nama aplikasi yang bersangkutan.

Action Center Windows 10 Mobile

Action Center juga mengalami perubahan signifikan. Sekilas memang tampilannya (quick actions) tidak berbeda. Tapi kalau kamu tap tombol expand (luaskan), maka akan terlihat perbedaanya. Ya, Action Center memuat lebih banyak fungsi. Bahkan sampai 16 tile (3×5+1 untuk layar besar, 4×4 untuk layar kecil).

Tombol All Setting sekarang juga masuk ke dalam susunan tile. Di Windows Phone 8.1, tombol All Setting terletak di tempat tombol expand Windows 10 Mobile berada.

Perilaku tile juga mengalami perubahan. Di Windows Phone 8.1, tap pada tile tertentu akan membawa ke setting hal bersangkutan. Misalnya, saat tap pada tile wifi akan membawa ke setting Wifi untuk mengeksekusinya. Sekarang tidak lagi.

  • Tap pada tile berfungsi on/off atau berganti fungsi. Misalnya tap tile wifi akan mengaktifkan atau menon-aktifkan wifi.
  • Tap+Hold (ketuk dan tahan) tile akan membawa ke halaman setting fungsi yang bersangkutan.

Di antara tile itu, kalau diperhatikan, ada juga beberapa fitur lama (yang dulu tersembunyi), ada juga fitur baru. Mari kita lihat tile tersebut.

  1. Tingkat kecerahan layar – tap untuk berganti dari otomatis, low, medium, dan high.
  2. Lokasi – on/off GPS
  3. Airplane Mode – on/off mode tersebut
  4. Kamera – Shortcut untuk aplikasi kamera (Lumia Camera sudah jadi aplikasi kamera bawaan)
  5. Quiet Hours – on/off fitur tersebut (di build 10149 ikon ini error)
  6. Rotation Lock – on/off fitur tersebut
  7. Connect – Mengubungkan pada perangkat nirkabel lain (bluetooth, wifi atau WiGig harus hidup)
  8. Battery Saver – on/off fitur (di Lumia 640 XL saya tidak berfungsi, di Lumia 920 berfungsi tapi kurang jelas 😀 )
  9. Flashlight – Fitur baru. On/off lampu senter
  10. Note – Shortcut untuk aplikasi OneNote
  11. VPN – Menghubungkan ke koneksi VPN
  12. Seluler – on/off koneksi seluler
  13. Wifi – on/off koneksi wifi
  14. Mobile Hotspot – Dulu Internet Sharing. on/off fitur bersangkutan
  15. Bluetooth – on/off fitur bersangkutan
  16. All Setting – Shortcut menuju halaman setting

Susunan tile di Action Center tergantung pada pengaturan tile itu sendiri, mana yang kita jadikan tile utama /quick actions (saat diciutkan/collapse).

Pengaturan Action & Notification Center

Pengaturan Action & Notification Center masih belum jauh berbeda dari Windows Phone 8.1. Paling tidak selain tampilannya.

Di halaman pengaturan itu bisa kita lihat pilihan untuk tile quick actions, pilihan untuk notifikasi, juga pengaturan notifikasi untuk tiap aplikasi yang ada.

Sama seperti di daftar aplikasi, desain tampilannya berubah sesuai dengan modern design terbaru. Yang jelas terlihat adalah bentuk toggle button (tombol geser) dan context menu. Masing-masing pilihan sekarang rata-rata disandingkan dengan ikon bersangkutan.

Demikian sekilas ulasan tentang Action & Notification Center Windows 10 Mobile. Sekali lagi, perubahan masih bisa terjadi pada build selanjutnya (saya belum dapat build 10166 🙁 ).