Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mengintip Windows 10 Mobile: Start Screen

Anom Penulis

Windows 10 sebentar lagi dirilis. Windows 10 Mobile akan menyusul kemudian. Saat ini Windows 10 Mobile technical preview sudah sampai di build 10149, dan sudah lebih stabil dari versi sebelumnya. Kami mencoba membahas satu demi satu fitur yang ada. Sebagai langkah awal, kami akan membahas start screen Windows 10 mobile (layar mulai – Bahasa Indonesia).

Start screen Windows 10 Mobile memiliki beberapa perbedaan dari Windows 8.1. Ada beberapa penambahan dan perubahan. Untuk yang belum tahu, start screen Windows 10 Mobile merupakan start menu di Windows 10.


Gambar Latar Belakang Start Screen

Di Windows 10 Mobile, kita bisa menggunakan gambar latar belakang start screen dengan 2 cara, yaitu:

  1. Sebagai gambar layar penuh – berada di belakang live tile, dan memenuhi layar
  2. Sebagai gambar tile – seperti di Windows Phone 8/8.1

Kalau kita menggunakan latar belakang sebagai layar penuh, tile yang berada di depannya akan tampil sesuai pengaturan transparansinya (akan dibahas di sub judul pengaturan). Sementara, pilihan gambar tile masih relatif sama dengan Windows Phone 8.1.

Tile Windows 10 Mobile

Ada sedikit perbedaan tampilan antara tile Windows 10 Mobile dengan Windows 8.1. Kalau diperhatikan, jarak antar tile, juga jarak tile dan pinggir layar, di Windows 10 Mobile lebih kecil/sempit dari Windows 8.1.

Begitu pun untuk group tile. Walau relatif mirip, saat dikembangkan, garis pemisah antara tile biasa dan yang ada di dalam grup lebih kecil. Judul grup juga tidak sebesar sebelumnya.

Selain itu, saat dikembangkan, ada tanda panah ke atas di tile yang menandakan kalau tile bisa dikecilkan. Dalam posisi grup tertutup, garis pemisah antar tile sudah tidak ada lagi.

Hal lain yang mengalami perubahan adalah ikon di pengaturan tile di start screen. Sedangkan caranya masih sama dengan sebelumnya.

Penggunaan di Ponsel dengan Layar Besar

Windows 10 Mobile juga mempermudah penggunaan di ponsel layar besar. Seperti kita tahu, menggunakan ponsel layar besar dengan satu tangan hampir tidak mungkin dilakukan. Tapi kadang, ada kesempatan saat hal itu harus kita lakukan. Windows 10 Mobile memberi solusi dengan fitur menurunkan start screen.

Caranya: Tekan dan tahan tombol (Windows)

Ketika kita melakukannya, maka start screen akan turun setengah layar, dan tile yang ada di bagian atas lebih mudah dijangkau dengan satu tangan.

Pengaturan Start Screen

Pengaturan start screen bisa di temukan di bagian Setting (Pengaturan), yaitu:

Settings (Pengaturan) > Personalization (Personalisasi) > Start (Mulai).

Tampilan halaman pengaturan start screen juga berbeda, baik layout maupun fitur di dalamnya. Di Windows 10 Mobile, tampilan preview ada di bagian atas, dan pilihan pengaturan ada di bagian bawah.

Kalau kita memilih latar belakang dengan gambar layar penuh, maka akan muncul slider pengaturan transparansi tile. Sesuaikan dengan kesukaan kita.

Di samping pengaturan di atas, ada juga pilihan untuk menampilkan lebih banyak tile di start screen (tiga tile mendatar untuk layar kecil, empat tile mendatar untuk layar besar).


Itulah Start Screen Windows 10 Mobile. Tahap technical preview saat ini memang masih terhitung pengembangan awal. Jadi masih sangat mungkin terjadi perubahan.