Format Foto dan Video Tepat Untuk Kapasitas Tak Terbatas Google Photos

google photos

Salah satu fitur menarik Google Photos adalah kapasitas tak terbatas untuk foto dan video (dengan syarat dan ketentuan berlaku). Nah, supaya lebih jelas, mari kita bahas syarat untuk menyimpan foto dan video yang tepat untuk Google Photos.

Kedengarannya sepele. Namun pada saat artikel ini ditulis, Google baru saja merubah salah satu ketentuannya. Video dengan format yang tidak didukung akan memakan kapasitas Google Photos. Dalam hal ini, tentunya kapasitas Google Drive.

Format yang tidak didukung adalah format yang tidak umum dipakai. Jadi sebenarnya, kamu tidak perlu kuatir. Apalagi kalau kamu memotret atau merekam video lewat handphone. Hampir pasti akan aman.

Tapi, akan lebih baik kalau kamu mengenal lebih jauh. Siapa tahu kamu bertemu kondisi yang tidak sesuai dengan peraturan Google itu. Entah ingin backup foto atau video dari kamera biasa atau hal lain sejenis.

Format Foto dan Video Yang Didukung Google Photos

  • Berkas Foto: .jpg, .png, .webp, dan berkas RAW secara umum
  • Berkas Video: .mpg, .mod, .mmv, .tod, .wmv, .asf, .avi, .divx, .mov, .m4v, .3gp, .3g2, .mp4, .m2t, .m2ts, .mts, and .mkv
  • Live photo kalau kamu menggunakan aplikasi Google Photos di iPhone atau iPad.

Format Foto dan Video yang Tidak Didukung

  • Foto yang berukuran lebih dari 75 MB atau 100 MP.
  • Video yang berukuran lebih dari 100 MB.
  • Berkas media yang berukuran kurang dari 256 x 256 pixel.

Seperti sudah disebut, melihat syarat di atas, kamu tidak perlu kuatir. Kemungkinan besar, berkasmu tetap aman ketika menyimpan foto dan video.

pilihan penyimpanan google photos

Pilihan penyimpanan Google Photos

Sebagai tambahan, mungkin kamu perlu melakukan cek pengaturan aplikasi Google Photos di handphone. Dari sisi ini, ada satu syarat penting lain. Penyimpanan tanpa batas untuk foto hanya berlaku kalau kamu menyetel penyimpanan dengan kualitas High Quality. Kalau kamu menyetel dengan kualitas Original (Asli alias ukuran sebenarnya), penyimpanan akan memakan kapasitas Google Photos / Google Drive.

Kalau kamu belum tahu cara menyimpan foto dan video di Google Photos, silakan baca artikel tutorial dari kami. Semoga membantu.

Ada komentar?