Tips Menyimpan Kontak Telepon Dengan Aplikasi Kontak Google

kontak telepon
Foto: Coffeebeanworks | Pixabay

Kontak telepon adalah salah satu hal penting saat ini. Karena itu, penyimpanan sebaiknya selalu rapi dan perlu. Nah, kalau kamu masih belum tahu cara mudah mengelolanya di aplikasi Kontak Google, simak tips berikut ini.

Salah satu hal mendasar yang perlu kamu ketahui adalah ada banyak aplikasi kontak di Play Store. Biasanya, masing-masing merk punya aplikasi kontak sendiri. Cara mengelolanya pun bisa sedikit berbeda.

Kalau handphone-mu memakai Android murni, ada kemungkinan aplikasi Kontak Google-lah yang ada. Selain itu kamu juga bisa mengunduhnya dari Play Store.

BACA JUGA
Backup Android: Punya Handphone Baru Jadi Lebih Mudah

Gunakan Kontak Berbasis Email

Cara terbaik untuk menyimpan kontak adalah di email. Kenapa? Ini berarti semua kontak akan tersimpan di cloud alias di internet. Aplikasi Kontak dari Google langsung memiliki integrasi dengan Gmail. Jadi, akun Google milikmu sudah akan menyimpan kontak telepon secara otomatis.

Dengan begitu, ketika kamu berganti handphone dan memasukkan akun Google (Gmail), semua kontak akan secara otomatis masuk ke handphone baru. Kamu tidak perlu memindah sendiri.

Tentukan Akun Utama Penyimpanan

Aplikasi Kontak bisa mendukung banyak akun, termasuk beberapa akun Gmail dan aplikasi lain (WhatsApp, Telegram, dll). Kalau kamu tidak ingin repot, tentukan satu akun Gmail sebagai akun utama untuk penyimpanan.

Cara Menentukan Akun Utama di Aplikasi Kontak Google
  1. Buka aplikasi Kontak,
  2. Tekan tombol menu ☰
  3. Pilih ‘Setelan‘,
  4. Tekan ‘Akun default untuk kontak baru‘ di bagian ‘Edit kontak’,
  5. Pilih akun utama.
setelan aplikasi kontak google

Tampilan setelan aplikasi Kontak

Atur Susunan Nama Kontak Telepon

Ada perbedaan cara menulis nama antara bahasa Inggris dan Indonesia. Dalam bahasa Inggris, biasanya nama keluarga atau nama belakang diletakkan di awal (misalnya: Doe, John). Sedangkan dalam bahasa Indonesia, nama depan diletakkan lebih dulu (misal: Susi Similikiti).

Supaya tidak bingung, cek dan atur susunan nama ini. Kamu bisa menemukannya di ‘Setelan‘ aplikasi. Atur urutan dan susunan penyimpanan dengan nama depan terlebih dulu.

Kumpulkan dengan Label

Salah satu hal yang berguna di aplikasi Kontak adalah mengelompokkan kontak berdasar label. Kamu bisa membuat label untuk keluarga, teman dekat, teman genk motor, rekan kerja, dll. Ini memudahkan kamu untuk melihat hanya beberapa daftar kontak tertentu.

Cara Buat Label di Aplikasi Kontak
  1. Tekan tombol menu ☰
  2. Tekan ‘+ Buat label
  3. Ketik label bersangkutan
  4. Simpan

Nanti, kalau kamu ingin melihat kontak dengan label tertentu, tinggal tekan label bersangkutan.

Tandai Kontak Sebagai Favorit

Kalau seseorang memang benar-benar penting, tandai saja sebagai favorit. Kontak yang kamu tandai akan muncul di urutan awal kontak telepon dengan tanda bintang di sampingnya.

Untuk melakukannya, kamu bisa masuk ke halaman kontak yang bersangkutan dan tekan tombol bintang di bagian kanan atas.

BACA JUGA
Cara Ganti Password Gmail atau Akun Google di Handphone

Itulah beberapa tips yang berguna dalam menyimpan kontak telepon di aplikasi Kontak Google. Memang di aplikasi ini masih ada beberapa fitur lain. Namun, kami berusaha membantu agar aplikasi lebih mudah kamu gunakan.

Dengan langkah di atas, semua kontak penting tetap akan hadir dengan setelan yang sama ketika kamu ganti handphone. Hidup pun jadi lebih mudah. 😀

Ada komentar?