Menyingkat Tag Nama di Facebook

menyingkat tag nama di facebook

Kali ini saya mau berbagi tips ringan. Tips itu adalah bagaimana menyingkat tag nama di Facebook. Biasanya, hal itu kita lakukan saat menyebut teman di status maupun di komentar.

Seperti kita tahu, kita bisa menyebut (tag) teman baik di status maupun komentar di Facebook. Hal itu berguna untuk memberitahu teman itu bahwa kita membalas komentarnya, atau mengajaknya dalam obrolan. Jadi obrolan tetap bisa berjalan.

Seiring kita mengetik, daftar nama teman akan muncul secara otomatis. Ini bagian dari fitur saran Facebook. Tapi, kalau nama teman itu panjang, kadang suka tidak terlalu sedap dilihat/dibaca.

Misalnya:

tag nama di facebook

Sebenarnya, Facebook juga mendukung tag nama yang lebih singkat. Kita bisa menggunakan tag hanya ‘Anom’, daripada ‘Anom Birowo’.

cara menyingkat tag nama di facebook

Begini caranya:

  1. Ketik nama temanmu.
  2. Saat ada saran untuk teman bersangkutan, pilih saja.
  3. Akan muncul nama lengkap teman tersebut dengan tanda bahwa itu adalah tag (warna tulisan dan latar belakang berwarna biru).
  4. Tap atau pencet tombol hapus/delete. Ini akan menghapus nama tersebut kata demi kata. Kalau ada singkatan, maka huruf itu dianggap satu kata.
  5. Kalau sudah merasa itu panggilan yang tepat, berarti sudah selesai.

Penyingkatan nama ini berlaku di berbagai tempat di komentar. Baik di depan, di tengah maupun di belakang tulisan. Seperti “Artikelnya keren lho, Mas Afit“.

Bagaimana kalau di komputer/desktop? Caranya sama saja. Dulu, caranya sempat berbeda, yaitu menggunakan shift+del (menahan tombol shift sambil memencet tombol hapus/delete). Sekarang sudah tidak.

Setahu saya, penyingkatan tag nama ini hanya berlaku untuk nama belakang. Kalau yang dihapus nama depan, maka fungsi tag akan hilang. KSKS (Koreksi Saya Kalau Salah–versi Indonesia CMIIW, correct me if I’m Wrong 😀 ).

Mungkin sebagian sudah tahu tentang ini. Mungkin ada yang belum. Bagaimanapun, saya harap info ini bisa berguna.

Salam olahraga!