Bakal Seru Kalau Microsoft Beli Warner Bros. Interactive Entertainment

Kalau Microsoft memang membeli Warner Bros. Interactive Entertainment, Xbox akan mendapat keuntungan besar.

Pada bulan Juni 2020, CNBC melaporkan bahwa AT&T, perusahaan yang menaungi Warner Bros., berniat menjual divisi gaming perusahaan itu dengan nilai sekitar $4 milyar. Sumber CNBC menyebutkan kalau beberapa perusahaan sudah menunjukkan minat. Misalnya Take-Two, Electonic Arts, dan Activision Blizzard.

Kemudian, pada tanggal 7 Juli 2020, sebuah nama lain muncul. Microsoft. Berdasar laporan dari The Information, perusahaan yang menjadi induk Xbox Game Studios ini disebut juga tertarik pada kesepakatan itu.

Potensi Game Milik Warner Bros.

Tidak mengherankan sebenarnya kalau Microsoft menunjukkan minat. Karena Warner Bros. Interactive Entertainment merupakan perusahaan gaming besar.

Perusahaan ini menaungi beberapa studio pengembang game, seperti Rocksteady Studios (seri game Batman: Arkham), NetherRealm  Studios (Mortal Kombat, Injustice 2), Monolith (Middle-earth: Shadow of Mordor), Avalanche (segera merilis game Harry Potter), TT Games (LEGO) dan beberapa studio Warner Bros. Games.

Di samping itu, Warner Bros. sendiri mengantongi lisensi banyak waralaba populer. Seperti DC Comics, LEGO, Harry Potter, dan Lord of the Rings. Seperti bisa dilihat, beberapa waralaba itu pun sudah memiliki game yang populer dan sangat potensial di masa depan.

Akan Menguntungkan Xbox

Ya, kalau Microsoft benar-benar membeli Warner Bros. Interactive Entertainment, maka Xbox akan mendapat keuntungan besar. Keuntungan ini pun bukan hanya dari sisi komersial saja.

AT&T memang menyebutkan kalau pembelian ini berlaku dengan syarat mereka tetap bisa meraih pendapatan dari lisensi waralaba yang ada. Namun, kalau Microsoft melakukannya, maka mereka memiliki kesempatan untuk membuat game yang ada menjadi eksklusif untuk konsol Xbox.

game di Xbox Series X

Artinya, keuntungannya nanti bukan hanya dari penjualan game semata. Tapi juga mencapai ke penjualan konsol Xbox. Mengingat persaingan dengan PlayStation dari Sony semakin ketat (belum lagi Nintendo Switch yang semakin populer), tentu Microsoft ingin memiliki keunggulan dalam koleksi game.

Hal menarik lain, Sony akan menghadirkan game Marvel’s Spider-Man: Miles Morales di PlayStation 5. Jadi wajar kayaknya kalau Microsoft mengantongi game DC Comics sebagai game eksklusif. Kalau iya, maka pertarungan antar fans akan semakin ganas.

Nilai sebesar $4 milyar memang bukan urang receh. Namun Microsoft sudah terbukti mampu dan mau merogoh kocek cukup dalam untuk bersaing.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: