Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Mengapa Keterampilan Microsoft Office Penting bagi Pencari Kerja?

aplikasi office untuk edit dokumen
Anom Penulis

Saat pertama kali Bill Gates memperkenalkan Microsoft Office ke pasar dunia di tahun 1988 silam, siapa yang menyangka software ini akan jadi begitu melekat pada kehidupan sehari-hari kita. Microsoft Office tidak hanya menjadi unsur penting di lingkungan kerja, tapi juga di rumah.

Menurut Statista, ada jutaan perusahaan dunia yang menggunakan Microsoft Office. Mungkin hampir seluruh perusahaan di Indonesia juga mengandalkan program satu ini untuk memudahkan pekerjaan di kantor.

popculture.id

Dengan begitu, hal ini bisa jadi alasan yang bagus kenapa kamu harus memiliki keterampilan penggunaan Microsoft Office yang handal dan mumpuni. 

Yah, tidak heran para bos lebih mengutamakan para pencari kerja dengan keterampilan Microsoft Office yang baik. Yaitu mereka yang mampu menggunakan Microsoft Word, Excel, Sharepoint, dll secara matang.

Di Indonesia sendiri, hampir semua lowongan pekerjaan akan selalu diisi dengan syarat penguasaan Microsoft Office. Terutama untuk Word dan Excel, yang sangat krusial.

Jika mereka tidak memiliki keterampilan di bidang ini, maka hampir dipastikan lamaran pekerjaan mereka akan ditolak. 

Nah, berikut ini setidaknya ada 5 (lima) alasan mengapa para pencari kerja harus menguasai Microsoft Office:

1. Dapat digunakan untuk mendukung dan melancarkan pekerjaan apapun

Data statistik terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft menyebutkan ada sekitar 147 juta pengguna bisnis aktif setiap bulan yang menggunakan Microsoft Office. Jadi bisa dibilang di manapun kamu bekerja, kemungkinan besar kamu akan menggunakan Microsoft.

Program-program Office relatif mudah digunakan, dapat diakses siapapun, dan dapat berinteraksi serta beradaptasi sesuai sistem operasi secara berkala. Maka keterampilan Microsoft sebenarnya dapat diraih dengan pelatihan yang tepat.

microsoft office word kolaborasi

Menguasai Microsoft Office dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, karena dapat digunakan hampir di seluruh industri dan perusahaan. 

Terlebih lagi jika kamu punya keterampilan mengubah dokumen PDF ke Word dan Word ke PDF dengan memakai salah satu aplikasi online yang terpercaya dan terbaik. Bisa dipastikan bahwa  jenis pekerjaan kantor apapun  yang kamu lakukan, akan lebih efisien dan efektif. 

2. Mempelajari Office membuktikan kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja

Akan sulit membayangkan jika Microsoft Office tidak dirilis hingga sekarang. Tapi, sejak peluncurannya di tahun 1988 silam, software ini terus berkembang dari tahun ke tahun sebagai program penting untuk bisnis.

Setelah mengembangkan aplikasi terbaru seperti OneNote, Access dan Teams, maka tak mustahil Microsoft akan memperkenalkan berbagai aplikasi baru di masa depan untuk kegunaan perkantoran.

Jadi, mempelajari bagaimana menggunakan Microsoft Office akan memungkinkanmu untuk terus beradaptasi dengan fitur-fitur baru. Keterampilan Microsoft Office yang kamu tulis pada CV akan membuktikan kalau kamu selalu update dengan inovasi teknologi mutakhir.  

3. Dapat meningkatkan produktivitas kantor

Ketika digunakan secara benar, maka Microsoft Office akan membantu meningkatkan produktivitas kerja secara mengesankan. Misalnya, kamu bisa membuat grafik dengan Excel, menulis laporan dengan Word atau Publisher, atau bahkan membuat presentasi keren di Power Point.

Dengan mempelajari fitur-fitur Microsoft yang mudah ini, pekerjaanmu akan menjadi lebih efisien dan efektif, serta lebih produktif. 

4. Software Microsoft bisa dipakai di sistem operasi mana saja

Salah satu keunggulan Microsoft Office adalah dapat digunakan di berbagai perangkat termasuk laptop, tablet hingga ponsel pintar. Karena Microsoft menggunakan teknologi cloud, maka kamu tetap bisa mengakses aplikasi Microsoft dari mana saja selama memiliki Office 365.

Langganan yang kamu punya akan mengizinkan kamu mengakses aplikasi Microsoft Office pada sistem operasi Windows, iOS, Android, macOS dan banyak lagi.

Dengan kemampuan mengakses semua aplikasi itu, maka sebenarnya kamu bisa bekerja di mana saja, baik di kantor maupun rumah. 

5. Microsoft Office dapat membuatmu jadi pegawai yang hebat

Mempelajari bagaimana caranya menjalankan aplikasi-aplikasi Microsoft tidak hanya membuat pekerjaanmu lebih efisien dan efektif. Di samping itu, kamu juga bisa menjadi pegawai yang benar-benar dapat diandalkan oleh bos dan rekan kerja.

Kamu juga dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dengan Outlook dan Teams yang akan membantumu menjadi seorang rekan kerja yang keren. 

    %d blogger menyukai ini: