Microsot Uji Start Menu Windows 11, Pilih Daftar Aplikasi atau File

Anom Penulis

Windows 11 membawa tampilan Start Menu baru yang berbeda. Start Menu baru ini menampilkan daftar ikon aplikasi dan rekomendasi berkas (file) yang sebelumnya kamu garap. Kini Microsoft sedang menguji Start Menu Windows 11 yang lebih fleksibel sesuai pengaturan pengguna.

Selain muncul di tengah, Start Menu Windows 11 kini lebih menyerupai daftar aplikasi di smartphone. Ringkas, tanpa folder. Tapi selain itu, Microsoft juga menempatkan saran file yang sebelumnya kamu garap di bawah daftar aplikasi yang kamu pin.

Yah, tidak semua orang butuh saran file dokumen. Bisa jadi mereka sudah move on menggarap dokumen lain atau mereka punya kebiasaan sendiri dalam membuka dokumen (misalnya langsung dari Desktop atau File Explorer).

Begitu pun sebaliknya. Ada yang memilih bisa dengan cepat mengakses dokumen yang sering mereka garap dibanding melihat daftar aplikasi (yang mungkin jarang mereka pakai).

Nah, dalam Windows 11 Insider Preview Build 22509, Microsoft mencoba menerapkan pengaturan yang lebih fleksibel. Sehingga pengguna bisa memilih dan mengatur Start Menu sesuai kebiasaan mereka.

Pada Build ini, pengguna bisa klik kanan di Start Menu untuk mengakses Setting, dan memilih apakah mereka ingin “More Pins” atau “More Recommendation”.

uji start menu windows 11

Jika pengguna memilih “More Pins” maka daftar aplikasi di Start Menu akan bertambah satu baris, memberikan ruang lebih banyak. Sebaliknya, jika memilih “More Recommendation” maka daftar file akan bertambah, dan mengurangi jatah aplikasi.

Yah, kebiasaan tiap orang memang berbeda. Kalau kamu tanya, saya akan memilih Start Menu hanya menampilkan aplikasi, tanpa kotak pencarian dan rekomendasi file. Karena pencarian sudah ada di Task Bar, dan saya lebih terbiasa membuka file dari File Explorer.

Dalam pengumumannya di blog resmi, Microsoft juga membuat perkembangan untuk tampilan waktu di monitor eksternal, memindah beberapa pengaturan dari Control Panel ke Setting, dan melakukan berbagai perbaikan.

    %d blogger menyukai ini: