Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Inilah 4 Modus Penipuan yang Wajib Diketahui Oleh Gamer

Seiring perkembangan zaman, lapangan pekerjaan semakin bervariasi jenisnya. Walaupun beberapa mata pencaharian mulai hilang, namun hal tersebut tergantikan oleh berbagai jenis pekerjaan baru.

Perubahan dalam dunia pekerjaan juga merambah ke industri video game. Kini ada banyak pekerjaan baru yang bisa dilakukan oleh gamer itu sendiri.

Dimulai dari jual/beli item, akun hingga jasa boosting. Namun tidak sedikit oknum tidak bertanggung jawab, justru memanfaatkan pekerjaan tersebut untuk kepentingan pribadi mereka.

Tidak jarang oknum-oknum tersebut melakukan penipuan kepada konsumen. Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami akan membahas beberapa jenis penipuan online yang kerap menimpa gamer.

Berikut beberapa jenis penipuan yang wajib diketahui oleh gamer:

Perjudian

Sebenarnya perjudian tidak hanya bisa ditemukan dalam pertandingan olahraga saja. Namun saat ini perjudian bisa kita temukan dalam industri game, khususnya eSports.

Biasanya mereka bisa mendukung tim kesayangan di pertandingan eSports, yaitu dengan memasang item in game maupun uang nyata.

Bukannya memperoleh keuntungan dari kegiatan tersebut, justru platform untuk berjudi tersebut tutup secara tiba-tiba.

Tidak hanya itu, industri eSports pernah beberapa kali tercoreng akibat kasus perjudian. Baik perjudian yang dilakukan oleh pro player, maupun pihak lain yang bersangkutan.

Sampai saat ini, pihak resmi dari penyelanggara turnamen maupun publisher tidak menyarankan, kepada tim eSports untuk berhenti menerima tawaran sponsor dari platform perjudian.

Suntik Wallet

Sumber Gambar : YouTube

Istilah tersebut mungkin sangat familiar, terutama bagi kalian yang ingin memperoleh Steam Wallet dengan harga murah.

Namun ada beberapa hal yang perlu kalian pahami. Apabila dipikir secara logis, apakah hal tersebut masuk akal? Tentunya tidak.

Metode pembelian yang dilakukan juga cukup aneh. Dimana akun kalian dipaksa untuk menjual item apapun dalam Stem Market, sesuai dengan harga Steam Wallet yang ingin dibeli.

Kemudian, penyedia jasa ‘suntik wallet’ akan membeli item tersebut dalam Steam Market. Otomatis Steam Wallet kalian akan bertambah sesuai dengan item yang telah terjual.

Apabila kalian masih percaya dengan sistem tersebut, maka kami tidak bisa menjamin akun kalian akan tetap aman kedepannya.

Sebab oknum penyedia jasa ‘suntik wallet’ tersebut tidak jelas asal-usulnya. Selain itu, harga Steam Wallet murah yang mereka tawarkan juga tidak jelas asalnya.

Bila mereka bisa mendapat Steam Wallet dengan harga murah, kemungkinan besar hal tersebut diperoleh dari cara ilegal seperti carding.

Kini, bila kalian ingin melakukan top up atau mengisi Steam Wallet, kami kami anjurkan untuk melakukan hal tersebut melalui platform resmi.

Selain kepercayaan terjaga, langkah-langkah dalam mengisi Steam Wallet sangat mudah. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat bersaing.

[irp posts=”61913″ name=”5 Kekurangan Brawl Stars Yang Bikin Jengkel Gamers”]

Jasa Boosting

Jasa boosting atau yang kerap disebut sebagai joki, saat ini tengah menjadi suatu ladang untuk mendapat banyak uang.

Jasa ini memang tengah menjadi incaran banyak gamer yang ingin mendapat level tinggi, tanpa harus membuang banyak waktu.

Bukannya mendapat level/pangkat yang lebih tinggi, justru tidak jarang ada oknum yang memanfaatkan konsumen dengan mengambil alih password akun.

Biasanya joki akan mengganti id maupun password akun konsumen. Oleh sebab itu, lebih baik kalian berhati-hati sebab jasa boosting tidak seharusnya ada. Bahkan kehadiran jasa boosting justru bisa merusak game itu sendiri.

Jual/Beli Item dan Akun

Sumber Gambar : Gamebrott

Apabila kalian sudah lama bergelut dalam dunia game, tentu tidak asing dengan kegiatan berikut ini. Transaksi jual/beli yang dilakukan bukan hanya menggunakan mata uang dalam game saja.

Tidak sedikit oknum yang menawarkan item, yang dibanderol dengan harga fantastis. Hal ini dilakukan karena item tersebut sulit didapatkan.

Sementara itu bagi kalian yang masih pemula, maka berhati-hatilah ketika melakukan jual/beli akun. Sebab mungkin akun yang kalian beli nanti akan kembali diambil oleh sang pemilik.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena pemilik akun masih mempunyai e-mail untuk mendaftar sebelumnya.

Mereka hanya perlu mengubah id maupun password saja. Setelah itu kalian akan kehilangan keduanya, yaitu uang serta akun yang sebelumnya telah dibeli.

Sebenarnya kebijakan yang diberlakukan di setiap game online adalah, tidak diperbolehkan transaksi dalam bentuk apapun dalam game itu sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, pihak publisher bahkan tidak akan bertanggung jawab, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, hati-hati apabila kalian ingin melakukan transaksi tersebut. Namun jika tetap ingin melakukan transaksi, maka pilihlah platform yang sudah terbukti aman.

More Stories
Swing Copters Sudah Bisa Dimainkan di Windows Phone