Monster Castle: Saatnya Monster Jadi Jagoan

monster castle game tower defense

Monster Castle adalah sebuah game tower defense yang cukup unik. Di game ini, monster-monster menjadi tokoh utamanya, bukan manusia.

Game tower defense biasanya termasuk dalam genre game strategi. Begitu pun Monster Castle. Gameplay-nya seperti game strategi kebanyakan (misalnya Age of Empire). Membangun istana dengan segala kelengkapannya: Tambang uang, barak, pertahanan, dll. Juga menyusun pasukan yang terdiri dari berbagai monster.

Hanya saja ada yang sedikit membedakan. Alih-alih menggunakan tampilan dari atas seperti game strategi umumnya, Monster Castle menunjukkan isi kastil dari samping. Semua fasilitas kastil terletak di tiap lantai. Bagaimana mengatur fasilitas pertahanan adalah bagian dari strategi game ini.

membuat benteng benteng monster castle

Begitu pun saat kita menyerang musuh. Tampilannya pun sama. Pihak yang menyerang (kita atau musuh) akan memasuki kastil dari bawah (atau bidang kosong sebesar dua petak) dan menyerang tiap bagian kastil. Kemenangan diraih minimal kalau ada beberapa bagian penting benteng hancur (dapat satu bintang). Kemenangan total langsung diraih kalau singgasana musuh hancur.

Seperti game lain, koin berguna untuk membangun beberapa perangkat kastil dan melakukan upgrade. Sedangkan wine, selain digunakan untuk upgrade beberapa fasilitas benteng, juga digunakan untuk membangun pasukan. Selain itu ada intan yang digunakan untuk mempercepat semua proses, baik membangun fasilitas maupun pasukan. Intan tersebut bisa didapat melalui prestasi tertentu, atau dibeli melalui IAP.

monster castle menyerang benteng musuh

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tiap monster punya kemampuan dan karakteristik masing-masing. Misalnya goblin akan menyerang fasilitas sumber daya (koin dan wine) tanpa mempedulikan hal lain (kecuali baricade).

Kemudian, kita juga tidak bisa setiap saat bisa membangun atau melakukan upgrade fasilitas pertahanan. Fasilitas benteng bisa upgrade kembali ketika kita sudah memenuhi level singgasana (palace) tertentu. Upgrade singgasana juga akan membuka fasilitas baru.

pilihan pertahanan benteng

Menurut saya, game ini sebenarnya cukup menyenangkan buat dimainkan. Terutama untuk yang suka game tower defense. Gambarnya bagus dan gameplay lumayan unik. Yang lumayan bikin sebal adalah menunggu tiap fasilitas selesai dibangun, di-upgrade, atau menunggu pasukan tersedia (mirip seperti Royal Revolt). Yah, tapi itu hal yang wajar.

Oya, satu lagi. Game Monster Castle ini adalah game online. Jadi kalau koneksi buruk ya kadang perkembangan permainan tidak tersimpan. Hal ini juga cukup menyebalkan kalau ingin main game sementara cuaca sedang buruk.

Monster Castle bisa didapat secara gratis. Tersedia di berbagai platform, seperti Android, iOS, dan Windows Phone. Harap diperhatikan, sistem di tiap platform berbeda. Kalau kamu mengganti handphone dari Windows Phone ke Android, misalnya, kamu tidak bisa meneruskan permainan yang ada di Windows Phone, dan harus mulai dari awal.

Download untuk Android

Download untuk iOS