Mudahnya Mengawasi Anak di Dunia Maya Dengan Google Family Link

Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat. Bila dibandingkan dulu, tentu ada banyak perubahan yang terjadi akibat pengaruh teknologi.

Salah satu kemajuan teknologi yang paling dominan adalah internet. Dulu manusia hanya bisa mengakses internet melalui warnet.

Namun kini keadaan telah berbanding terbalik. Banyak warnet yang sepi pengunjung. Hal tersebut disebabkan orang-orang dapat memperoleh akses internet dengan mudah, yaitu melalui paket data yang dijual bebas.

Banyak operator yang berlomba-lomba menarik peminat, salah satunya dengan memberikan kuota dasar besar berharga murah.

Mudahnya akses internet, membuat manusia dan dunia maya hampir tidak ada batasnya. Kini orang dapat mengakses dunia maya kapan dan dimana pun.

Pengunjung dunia maya tidak mengenal gender atau umur. Kini banyak pula anak-anak yang telah aktif dalam dunia maya. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya akun media sosial, yang dimiliki oleh anak dibawah umur.

Sumber Gambar : YouTube

Walaupun dunia maya dapat memberikan semua informasi yang dibutuhkan anak, namun disisi lain orang tua banyak yang mencemaskan hal tersebut.

Pasalnya, selama ini banyak kasus anak-anak yang mengakses situs terlarang. Situs-situs tersebut bahkan mereka buka, tanpa sepengetahuan orang tua.

Untuk menyikapi kekhawatiran orang tua, tahun lalu Google meluncurkan aplikasi Family Link. Aplikasi tersebut menjadi alat bagi orang tua, untuk dapat memantau semua kegiatan anak saat berselancar di dunia maya.

Saat ini Google telah merilis secara resmi aplikasi tersebut ke Indonesia. Tentunya aplikasi tersebut telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru yang menarik.

Dengan menggunakan aplikasi Family Link, orang tua dapat membatasi waktu pemakaian perangkat, serta mengunci perangkat ketika waktu istirahat.

Google Family Link mempunyai kendali penuh atas aplikasi. Aplikasi tersebut akan menyetujui serta memblokir aplikasi apapun yang boleh diunduh dari Google Play Store.

Bukan hanya itu saja, orang tua saat ini juga bisa melacak dimana lokasi anak mereka. Hal tersebut dapat dilihat melalui perangkat yang dibawa oleh anak mereka.

Melalui aplikasi Google Family Link, orang tua dapat mengevaluasi berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh anak, dalam mengakses aplikasi di Android.

Berdasarkan keterangan yang ditulis oleh Google, Jumat (21/9/2018), Google Family Link pada awalnya hanya ditujukan untuk anak usia dibawah 13 tahun.

Namun setelah mendapat banyak masukan dari orang tua, akhirnya Google menambah batas usia hingga remaja. Walaupun begitu, terdapat perbedaan pengawasan orang tua yang dilakukan untuk pengguna remaja.

Bagi pengguna remaja, mereka diberi kebebasan untuk menonaktifkan pengawasan sesuai selera. Namun orang tua tetap perlu diberi tahu terlebih dahulu mengenai hal tersebut.

Pada akhirnya, orang tua dan anak tetap harus mendiskusikan terlebih dahulu hal ini, agar mencapai kesepakatan bersama.

Saat ini aplikasi Google Family Link dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Aplikasi tersebut sangat kompatibel dengan perangkat orang tua, dengan Android versi 4.4 keatas. Sementara untuk iPhone, dapat berjalan dengan iOS 9 keatas.

Sementara itu, perangkat anak yang kompatibel minimal harus berjalan dengan sistem Android 7.0 keatas. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi perangkat Android versi 5.0 dan 6.0, untuk menggunakan Google Family Link.

Bagi orang tua yang ingin mengakses Google Family Link, pastikan telah mempunyai akun Google. Setelah itu, masukkan tanggal lahir anak.

Apabila anak berusia di bawah 13 tahun, maka orang tua akan diminta untuk memberikan persetujuan membuat akun.

Untuk memproses verifikasi akun bagi anak, Google akan meminta nomor kartu kredit orang tua. Walaupun begitu, dalam keterangannnya Google mengklaim tidak akan memungut biaya untuk akses Family Link.

Apabila sudah, Google Family Link secara otomatis dapat diunduh ke dalam perangkat anak. Kemudian orang tua dapat memilih aplikasi, beserta pengaturan yang mereka inginkan.

Bila pengaturan telah selesai, orang tua bisa bebas mengawasi gerak-gerik anak di dunia maya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Download

Download