Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Music Locker: Music Player Windows Phone yang Elegan

Anom Penulis

Dahulu kala, ada saatnya ketika Windows Phone hanya memiliki sedikit pilihan aplikasi musik yang bagus. Era tersebut sudah cukup lama berlalu. Sekarang di bursa bisa kita temukan berbagai pilihan. ModernMusic, Zbox, Loco, dll. Ijinkan saya menambah satu lagi music player Windows Phone. Music Locker. Sebuah aplikasi musik yang elegan.

Apa memang begitu? Pada deskripsinya memang dicantumkan demikian. Namun tentunya perlu dilihat terlebih dulu, apakah itu hanya gertak sambal atau bukan.

Di deskripsi aplikasi di bursa, disebutkan fitur-fitur seperti berikut:

  • Memutar musik secara lokal di perangkat
  • Stream musik dari OneDrive
  • Mengunduh musik dari OneDrive
  • Membuat dan mengedit playlist
  • Membuat playlist yang sinkron dengan folder OneDrive
  • Mengurutkan koleksi (nama, durasi, tanggal, …)
  • Dukungan antrian lagu beragam (mainkan berikutnya, menambah di akhir, pilihan fungsi ketuk (tap) untuk antrian, menyimpan daftar antrian sebagai playlist)
  • Tampilan Album, Artis, dan Genre
  • Scrubbing (Kurang jelas maksudnya apa)
  • Live Tile (transparan, album art, lagu yang aktif)
  • Impor playlist dari file m3u yang disimpan di perangkat atau OneDrive (dari iTunes atau aplikasi musik lain yang membuat format playlist m3u)
  • Last.fm scrobbling
  • …dan masih banyak lagi.

Fiturnya memang banyak. Ada beberapa fitur menarik. Salah satunya adalah fitur sinkronisasi dengan OneDrive, baik untuk streaming, download lagu, atau playlist. Berikutnya yang tidak kalah menarik adalah membuat daftar tunggu lagu. Jadi kita bisa meyetel lagu sesuai dengan mood, tanpa harus menambah playlist yang kita punya. Toh, kalau mau, daftar tunggu itu bisa juga kita jadikan playlist baru.

Di samping fitur yang beragam, ada satu hal yang saya suka. Tampilan Music Locker rapi dan tidak ribet. Semua ditempatkan sesuai dengan fungsi dan kemudahan penggunaan. Misalnya peletakan halaman untuk daftar tunggu, playlist dan pencarian di bagian atas (yang bisa diakses dengan swipe). Sedangkan pembagian urutan lagu ada di bagian bawah (operasikan dengan tap). Kalau mau melihat halaman now playing, tap di gambar album di mini player. Ini memungkinan aplikasi digunakan dengan satu tangan.

Baca Juga:  16 Aplikasi Audio Editor Terbaik untuk PC & Laptop yang Populer

Untuk tampilan player-nya sendiri cukup standar. Ada informasi lagu di bagian atas, gambar sampul album, dan beberapa navigasi di bagian bawah. Toh tetap rapi.

Tawaran menarik lain dari aplikasi ini adalah pengaturannya yang beragam. Kita bisa menyesuaikannya sesuai kesukaan kita. Baik dari perilaku aplikasi, library (koleksi), tampilan aplikasi dan live tile.

Secara pribadi, saya suka dengan background music player ini yang menggunakan semburat gradasi warna (berganti sesuai warna sampul album). Tapi kalau tidak suka, kita bisa menggantinya dengan gambar di galeri foto. Itu pun masih bisa diatur lagi tingkat transparansi (opacity) dan terang gelapnya.

Terakhir, aplikasi Music Locker mendukung tampilan horizontal. Tampilan yang bahkan Xbox Music pun tidak memilikinya.

Kesimpulannya, music player Windows Phone satu ini memang bisa disebut elegan. Ringan, fungsional, dan didesain dengan cantik. Apalagi aplikasi ini bisa didapat dengan gratis.

Download: Music LockerGratis