Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

n7player Windows Phone

Anom Penulis

Bertambah lagi aplikasi music player Windows Phone. Kali ini yang hadir adalah salah satu aplikasi musik populer di Android dan iOS. Namanya n7player. Aplikasi ini memiliki tampilan halaman utama yang unik, yang berbeda dengan aplikasi musik lain.

Kenapa unik? Halaman pertama n7player menampilkan nama artis seperti cloud tag di widget blog. Nama-nama artis tersebar di seluruh layar dengan ukuran berbeda. Tampilan ini disebut ‘surface‘ oleh pengembangnya.

Kalau kita melakukan gestur merenggangkan / pinch out (seperti kalau zoom out di foto), kita akan dibawa ke tampilan album. Sampul album akan berjajar sebagai tile dalam bentuk grid. Kalau di-tap tampilan akan fokus pada album yang dimiliki oleh artis bersangkutan.

Kita juga bisa memilih lagu seperti biasa. Dengan kata lain, menggunakan pivot. Sama seperti aplikasi musik lain, tampilan ini menghadirkan klasifikasi berdasar album, artis, lagu, dan playlist. Saat ini belum ada tampilan untuk klasifikasi genre musik.

Kita bisa memainkan lagu secra langsung, atau memilih memainkannya setelah lagu yang sedang diputar, atau menambahkan ke daftar antrian. Belum ada pilihan untuk menambahkan ke playlist.

Aplikasi n7player Windows Phone saat ini memang masih versi BETA. Jadi masih ada beberapa fitur yang hilang atau belum sempurna. Contohnya seperti yang sudah saya sebut di atas, playlist dan genre. Selain itu, aplikasi ini akan mengunduh gambar sampul album dari internet, tidak melakukan sinkronisasi dengan data yang sudah ada. Walau hal ini bisa diatur, tapi kelihatannya lebih cerdas kalau cek dulu tag lagu bersangkutan. Semoga hal ini segera diperbaiki.

Aplikasi n7player Windows Phone juga memiliki perbedaan dengan saudaranya di Android. Versi Windows Phone masih belum memiliki pilihan theme untuk player-nya, dan tidak bisa edit tag lagu. Lalu, versi Windows Phone tidak memiliki fitur equalizer. Kalau soal ini, kelihatannya harus menunggu Windows 10 rilis. Karena Windows Phone, sampai versi 8.1, tidak menyediakan kemungkinan itu.

Baca Juga:  Deretan Fitur Resso yang Spotify Tidak Punya

Music player n7player bisa didapat dengan harga Rp24.800,- di bursa. Ada versi trial, dan merupakan universal app. Jadi, dengan membeli sekali di salah satu perangkat (entah Windows Phone atau komputer Windows), kita bisa langsung mendapatkannya di perangkat lain. Lucunya, aplikasi ini gratis di bursa Windows (juga android dan iOS).

Download: