Cara Navigasi & Mengatur Kotak Alamat Safari di iPhone (iOS 15)

safari iphone ios 15

Salah satu perubahan besar yang ada di iOS 15 adalah tampilan browser Safari di iPhone. Sekarang, kotak alamat Safari untuk iPhone ada di bagian bawah layar. Tentu ini menarik kita telusuri lebih jauh.

Secara pribadi, saya memang lebih suka kotak alamat browser yang ada di bagian bawah. Hal ini sudah saya sukai sejak memakai Windows Phone. Bahkan di Android pun, saya lebih sering memakai browser Firefox karena alasan ini.

Jadi saya cukup gembira melihat Apple menerapkan kotak alamat Safari di bagian bawah layar iPhone pada iOS 15. Menurut saya, pemakaiannya jauh lebih intuitif, selain lebih mudah dijangkau.

Untuk itu, mari kita lihat navigasi dan pengaturan tata letak Safari baru ini lebih jauh.

Navigasi dengan Kotak Alamat di Bawah

Pemakaian gestur yang Apple terapkan pada kotak alamat Safari baru ini saya anggap brilian. Karena kita bisa dengan mudah melakukan navigasi dengan sangat mudah.

Kamu bisa menggeser kotak alamat di bawah untuk pindah dari satu tab ke tab berikutnya. Jadi berpindah website nggak repot. Kamu juga bisa mengakses semua tab dengan mudah, yaitu hanya dengan menggeser ke atas kotak alamat itu.

Selain itu, kamu juga bisa menyalin alamat, mengaktifkan perintah suara, dan mengelompokkan tab dengan menekan lama (tekan & tahan) kotak alamat tersebut. Mudah.

Mengatur Letak Kotak Alamat

Tentu, kalau kamu tidak suka dengan kotak alamat di bawah dan lebih memilih tampilan lama di bagian atas, kamu tetap bisa mengubahnya.

Cara mengatur kotak alamat Safari di iPhone:

  1. Buka ‘Pengaturan‘ iPhone.
  2. Masuk ke ‘Safari‘.
  3. Pada bagian ‘Tab’:
    • Pilih ‘Bar Tab’ untuk kotak alamat di bawah,
    • Pilih ‘Satu Tab’ untuk kotak alamat di atas (versi lama).

Itulah cara melakukan navigasi dan mengatur tata letak kotak alamat di browser Safari iPhone mulai dari iOS 15. Semoga tutorial ini bisa membantu kamu yang masih bingung dengan navigasi baru ini.

Selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: