Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Netflix Kenalkan Fitur Spatial Audio Buat Konten Original Mereka

Indri Penulis

Netflix resmi umumkan fitur spatial audio untuk program original tertentu mereka, salah satunya adalah “Stranger Things.”

Apa itu fitur spatial audio Netflix? Spatial audio akan menghadirkan suara yang lebih dalam, khususnya buat pelanggan yang mendengarkan acara TV atau film dengan headphone.

popculture.id

Dalam pengembangan fitur ini, Netflix menggandeng Sennheiser untuk diajak berkolaborasi. Mereka berdua berkolaborasi untuk mengubah campuran suara surround menjadi presentasi audio spasial yang luas, sehingga bisa diputar lewat speaker stereo atau headphone.

Nah kabar bagusnya, fitur spatial audio ini kompatibel sama semua perangkat, semua paket streaming, dan juga nggak membutuhkan speaker suara surround atau peralatan home theater guys. Kabar ini telah dikonfirmasi langsung oleh Netflix dalam siaran persnya.

Audio spasial Netflix membantu menerjemahkan pengalaman sinematik dari audio imersif ke stereo apapun, sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh pembuat konten untuk Anda ke dalam cerita bisa terjadi, tidak peduli perangkat apa yang Anda gunakan untuk menonton Netflix,” kata Netflix.

Sayangnya untuk sementara ini fitur spatial audio belum tersedia untuk semua tayangan Netflix. Di hari pertama peluncurannya, fitur ini baru tersedia untuk tayangan tertentu seperti “Stranger Things 4,” “Red Notice,” “The Witcher,” dll.

Sekarang di konten yang telah didukung spatial audio, output stereo reguler akan digantikan oleh Spatial audio 2-Channel Ambeo Sennheiser. Ambeo dan suara surround apapun atau trek audio Dolby Atmos akan tetap tersedia untuk konten terpilih, dan akan dipadukan ke dalam profil stereo secara lebih mendalam. Fitur ini juga akan dipadukan dengan fitur Netflix lainnya seperti 4K, HDR, Dolby Atmos, dan juga Netflix Calibrated Mode untuk hadirkan pengalaman nonton yang lebih gila.

Yang paling penting, proses ini tetap mempertahankan kombinasi suara asli dan tetap menghormati niat kreatif dengan suara yang super jernih,” kata Scott Kramer, manajer teknologi suara Netflix.

Nah buatmu yang mungkin saat ini memiliki sistem audio Dolby Atmos rumah, mungkin fitur baru ini nggak akan terlalu terasa efeknya. Tapi kamu akan merasakan efek pastinya saat kamu nonton konten Netflix ketika bepergian. Ya kalau kamu pernah menggunakan audio spasial di AirPods saat nonton film di aplikasi yang kompatibel, efeknya bisa dibilang akan seperti itu.

    %d blogger menyukai ini: