Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Google Docs Bakal Kirim Notifikasi Pas Ada yang Ngedit Proyek Kolaborasi

Indri Penulis

Ada pembaruan baru di Google Docs. Sekarang Google Docs bakal kirim notifikasi kalau ada orang yang ngedit proyek kolaborasi.

Kalau bicarain soal platform kolaborasi, memang sulit untuk mengalahkan Google Documents / Google Docs. Kalau kamu pernah pakai Google Docs untuk mengerjakan proyek dengan orang lain (entah itu teman kerja, teman sekolah, dll), pasti kamu bakal sepakat kalau fitur-fitur kolaboratif yang ada di Google Docs sangat lengkap.

popculture.id

Sayangnya selama ini masih ada satu hal yang kurang dari Google Docs. Jadi setiap kali ada anggota yang mengedit proyek kolaborasi, tidak ada pemberitahuan apapun yang diterima anggota lain. Jadi tahu-tahu saat membuka proyek kolaborasi, mereka bakal kaget gara-gara proyek itu tiba-tiba berubah.

Tapi mulai Juli 2022 ini, Google mengumumkan bahwa Google Docs sekarang akan kirim notifikasi saat ada anggota yang mengedit proyek kolaborasi.

Pertanyaannya, notifikasi tersebut bisa diakses di mana? Jadi menurut pengumuman resminya, Google mengatakan kalau notifikasi tersebut akan langsung masuk ke kotak masuk email, dan akan terus datang ketika ada orang menambah/menghapus konten dari dokumen yang sedang kamu kerjakan.

Kamu juga bisa melihat notifikasi dari menu drop-down yang ada di “Notifications Settings,” yang muncul dalam aplikasi sebagai ikon lonceng. Nah di dalam menu itu, kamu nggak cuma bisa menemukan daftar lengkap notifikasi yang masuk. Tapi kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan dokumen sesuai kebutuhan.

Nah buatmu yang khawatir dapat notifikasi ‘spam’ setiap kali ada perubahan dalam proyek kolaborasi, tenang saja. Google telah menonaktfkan alat tersebut secara default untuk semua dokumen.

Sementara itu apakah fitur notifikasi Google Docs sudah bisa dinikmati semua orang? Menurut kabar yang beredar, fitur ini belum bisa dinikmati semua orang karena tahap peluncurannya bertahap. Setidaknya pengguna perlu menunggu sampai 15 hari (terhitung sejak artikel ini saya tulis) untuk bisa menikmati fitur baru itu.

    %d blogger menyukai ini: