Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Apa Screenshot Instagram Mengirim Notifikasi? Mari Kita Cek

Indri Penulis

Jadi pertanyaan banyak orang nih. Apa screenshot Instagram mengirim notifikasi? Biar nggak penasaran,  Kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Sebagai pengguna Instagram, nggak bisa dipungkiri kalau kadang kita ingin mengambil tangkapan layar postingan ataupun Story milik orang lain.

popculture.id

Tapi di sisi lain, nggak sedikit pengguna Instagram yang khawatir aktivitas mereka itu diketahui si pemilik konten asli. Bisa saja Instagram mengirimkan notifikasi ke pemilik konten asli, beberapa saat setelah kita mengambil screenshot.

Hmmm soalnya kalau sampai si pemilik konten asli tahu jika konten mereka habis di-screenshot, pertama jelas kita bakal malu. Itu masih mending, siapa tahu si pemilik konten merasa nggak terima dan kejadian ini berbuntut panjang?

Oleh karena itu, nggak heran kalau selama ini banyak pengguna bertanya-tanya apa screenshot Instagram mengirim notifikasi? Nah buat menjawab rasa penasaranmu, kali ini saya akan mengupasnya secara lengkap.

Instagram Pernah Uji Coba Notifikasi

Buatmu yang belum tahu, sebenarnya dulu Instagram pernah melakukan uji coba notifikasi lho. Uji coba ini pertama kali mereka lakukan pada Februari 2018, tapi sayangnya proyek tersebut resmi mereka hentikan pada Juni 2018. Jadi sampai sekarang tidak ada cara untuk melacak siapa yang menengambil tangkapan layar postingan deh.

Screenshot Instagram Apa yang Memicu Notifikasi?

Untuk saat ini Instagram belum memberikan notifikasi pada konten apapun yang di-screenshot oleh pengguna. Tapi ada beberapa jenis screenshot tertentu yang akan memicu notifikasi jika diambil. Apa itu?

Notifikasi akan muncul saat kamu mengambil screenshot obrolan langsung tanpa pemberitahuan. Ya, kamu memang bisa mengambil tangkapan layar di pesan langsung. Tapi kamu akan mendapat notifikasi, kalau kamu mengambil foto dengan tombol kamera di dalam obrolan dan orang lain telah mengambil tangkapan layar di dalam ruang obrolan.

Notifikasi ini muncul karena gambar-gambar ‘sekilas’ dikirim lewat pesan langsung dimaksudkan agar hanya bisa dilihat sekali atau dua kali saja. Setelah itu gambar tersebut akan dimusnahkan sehingga tidak bisa dilihat lagi oleh si pengirim dan penerima.

Gimana dengan konten-konten lainnya? Konten lain seperti postingan Feed, Story dan juga Reels masih bebas. Ketika kamu mengambil tangkapan dari salah satu konten tersebut, baik kamu atau si pemilik konten asli tidak akan mendapat notifikasi.

Selain Screenshot, Ada Cara Lain Nggak Sih?

Ada beberapa cara alternatif yang bisa kamu lakukan kalau khawatir aktivitas screenshot-mu diketahui orang lain. Ini dia beberapa caranya:

Pakai Mode Pesawat

Ini cara yang paling kuno sih, tapi nggak apa-apa lah kalau mau dicoba. Kamu bisa buka aplikasi Instagram terus tunggu sampai Story yang kamu ambil tangkapan layarnya dimuat. Aktifkan mode pesawat, lalu ambil tangkapan layar di Story seperti biasa. Karena mode pesawat akan mematikan data seluler, WiFI, Bluetooth dan memutus semua perangkat nirkabel, hal ini akan membuat Instagram tidak bisa melacak aktivitasmu tadi.

Situs Instagram Web

Kamu juga bisa coba Instagram Web. Instagram Web sekarang sudah lebih canggih dari dulu. Sekarang kamu bisa nonton Story sampai kirim DM langsung dari web. Nggak cuma itu, situs ini juga diklaim bisa menjadi cara aman untuk mengambil tangkapan layar tanpa notifikasi.

Pakai Perekam Layar

Pertimbangkan juga perekam layar. Buat yang HP-nya belum punya fitur bawaan perekam layar, kamu bisa merekam Story / obrolan Instagram pakai aplikasi perekam layar pilihan. Cara pakainya juga gampang. Tinggal aktifkan perekam layar, buka konten yang mau screenshot.

Download Pakai Aplikasi Pengunduh Video & Foto Instagram

Cara terakhir, kamu juga bisa mengunduh video / foto yang sebelumnya ingin kamu screenshot. Kalau kamu pakai trik terakhir ini, dijamin Instagram nggak bakal tahu kalau kamu telah mengunduh konten yang ada di dalam platform-nya. Jadi orang lain juga nggak bakal dapat notifikasi deh.

Cukup pakai aplikasi pengunduh video dan foto Instagram, tempel URL konten yang mau kamu screenshot, dan konten tersebut akan langsung masuk ke perangkatmu.

Oke, itu tadi ulasan saya seputar apa screenshot Instagram mengirim notfikasi atau tidak. Selain itu kamu bisa praktikkan cara-cara di atas agar bisa screenshot dengan aman dan nyaman.

    %d blogger menyukai ini: