Awas! NVIDIA GeForce RTX 4090 Bisa Menguras Daya Hingga 600W

Indri Penulis

NVIDIA GeForce RTX 4090 kabarnya rilis akhir tahun ini. Rumornya, NVIDIA GeForce RTX 4090 akan menguras daya hingga 600W!

Sudah bukan rahasia lagi kalau teknologi selalu bergerak dengan sangat cepat. Contohnya bisa kita lihat dalam berbagai aspek, salah satunya yakni perkembangan GPU yang kian ‘panas’ saat ini.

Ngomongin soal GPU, kayaknya baru kemarin kita menyaksikan teknologi GPU tercanggih AMD RNDA 2 dan NVIDIA Ampere dikenalkan ke publik. Tapi kabarnya, sebentar lagi teknologi yang jauh lebih canggih bakal menggeser posisi mereka berdua.

Hm kalau teknologinya tambah canggih sih pasti keren banget. Tapi di balik itu semua semakin canggih dan kuat teknologi yang ‘dijejalkan’ ke GPU, itu artinya GPU tersebut juga bakal membutuhkan lebih banyak daya. Nah, ini dia masalahnya.

Menurut laporan terbaru dari Videocardz (yang merujuk pada cuitan leaker GPU, Greymon55 dan kopite7kimi), GPU NVIDIA GeForce RTX 4090 yang akan datang diperkirakan bisa menguras daya super besar. Konon TGP/atau kekuatan grafis total yang dimiliki RTX 4090 membuatnya membutuhkan daya 600W.

Btw, ‘600W’ tentu bukan angka yang sepele. Pasalnya angka tersebut jauh lebih besar daripada daya yang biasa dipakai para PC gamer saat ini.

Singkatnya, GPU NVIDIA GeForce RTX 3090 (salah satu GPU terkuat di pasaran saat ini) cuma membutuhkan daya 350W. Sedangkan NVIDIA 3090 Ti (versi RTX 3090 yang lebih disempurnakan) menguras daya 450W.

Sementara kalau dibandingkan dengan kompetitornya, AMD RX 7900 XT yang kabarnya akan rilis menjelang akhir tahun ini, GPU besutan AMD tersebut digadang-gadang maksimal menguras daya hingga 480W. Tentu angkanya masih jauh dari yang digosipkan pada RTX 4090.

Itu artinya GPU yang sedang disiapkan oleh NVIDIA akhir tahun ini, kemungkinan besar bakal menjadi ‘kartu grafis terpanas’ di pasar dalam hal penggunaan daya. Pasalnya kalau dibandingkan dengan produk mereka terdahulu dan kompetitornya, RTX 4090 sepertinya masih memegang posisi nomor 1 dalam hal penggunaan daya terbanyak.

Tentu saja, sekarang masih terlalu dini untuk mengatakan seberapa kuat GPU kelas atas NVIDIA generasi berikutnya. Tapi kalau rumor di atas benar, mungkin akan banyak kejutan hebat yang disajikan RTX 4090 nantinya. Kita tunggu saja nanti.

    %d blogger menyukai ini: