NVIDIA Pamerkan Monitor G-SYNC 360Hz ASUS ROG Swift

nvidia g-sync asus rog swift 360hz monitor

Monitor yang handal merupakan salah satu perangkat yang diidamkan gamer sejati terutama fans eSport. NVIDIA bersama ASUS menjawab kebutuhan itu dengan monitor ROG Swift 360Hz yang ditenagai oleh NVIDIA G-SYNC.

NVIDIA menyatakan bahwa mereka sudah berkomitmen membantu atlit eSport atau pemain game kompetitif untuk mengeluarkan semua potensi mereka. Reaksi cepat, strategi jitu, dan bidikan yang bagai dewa.

NVIDIA pun meningkatkan kemampuan G-SYNC. Lalu bekerja sama dengan ASUS dan AU Optronics (sebagai penyedia panel layar) menghasilkan monitor eSport ROG Swift 360Hz. Monitor 24,5 inci FHD ini mampu memberikan kehalusan gambar bergerak tanpa kompromi.

asus rog swift 360hz
ASUS ROG Swift 360Hz

G-SYNC, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013, terkenal dengan “Variable Refresh Rate” yang melakukan sinkronisasi layar dengan frame rate dari GPU. Sejak itu, teknologi ini terus berkembang untuk meningkatkan akselerasi panel monitor eSport, termasuk “dynamic overdrive”, firmware yang disetel khusus, dan kini refresh rate 360Hz.

NVIDIA sudah melakukan riset secara mendalam untuk memahami bagaimana fps (frame per second), Hz (satuan frekuensi layar), dan latensi sistem berpengaruh pada bidikan di game FPS (first-person shooter). Semakin tinggi fps/Hz dan semakin rendah latensi akan membuat perbedaan besar.

peningkatan performa refresh rate
Skala peningkatan performa

Ada peningkatan sebanyak 4% dari layar 240Hz. Peningkatan ini bisa berarti banyak. Hal ini diibaratkan pada atlit lari di Olimpiade. Perbedaan kecil, bahkan 1%, bisa berpengaruh pada raihan medali emas dan perak di olahraga lari, baik 100m dan 200m.

Saat ini ada beberapa game yang berhasil mencapai refresh rate 360 fps di perangkat GeForce RTX. Game itu adalah Counter-Strike: Global Offensive, Rainbow Six: Siege, Overwatch, dan Fortnite. Dengan begitu, game tersebut bisa mendapat keuntungan penuh dari layar monitor 360Hz.

NVIDIA juga bekerja sama dengan situs BlurBuster untuk melakukan demonstasi teknologi ini. Mereka pun memboyong semua kelengkapan 360Hz ke CES untuk demo langsung. Untuk sekedar melihat perbandingan antar frame rate, kamu bisa melihatnya di situs testufo.

n0thing, sang juara CS:GO lima kali, memberikomentar kalau peralihan antara 240 ke 360 bis alangsung terlihat. Ia juga berkata kalau monitor ini sangat bagus untuk gamer yang ingin memaksimalkan potensinya.

%d blogger menyukai ini: