Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

NVIDIA Studio Driver Dukung Berbagai Fitur dari Adobe MAX 2021

Anom Penulis

Pada update NVIDIA Studio Driver terakhir terdapat fitur baru yang menarik. NVIDIA Studio mendukung berbagai fitur dan teknologi baru yang diumumkan Adobe di acara Adobe MAX 2021.

Pada acara Adobe MAX 2021 memang hadir banyak hal menarik. Beberapa di antaranya adalah teknologi AI untuk masking di Adobe Lightroom, auto reframe di Adobe Premiere Elements, substance 3D, dll.

Berbagai fitur itu pun mendapat dukungan penuh dari GPU NVIDIA GeForce RTX. Fitur berbagai aplikasi dari acara Adobe MAX 2021 itu hadir melalui pembaruan NVIDIA Studio Driver pada bulan Oktober.

Fitur dari Adobe MAX

AI Masking di Adobe Lightroom

Salah satu fitur baru yang seru adalah AI masking untuk Adobe Lightroom dan Lightroom Classic. Fitur ini akan memungkinkan kamu melakukan seleksi pada manusia dan memilih langit untuk memisahkan obyek dan latar belakang dengan mudah dan detil.

Sudah sejak lama seleksi pada manusia (terutama bagian rambut) menjadi tantangan tersendiri. Secara otomatis pun sulit, apalagi secara manual. Namun kini GPU NVIDIA GeForce RTX memiliki kemampuan untuk menerapkan AI masking ini dengan mudah.

Auto Reframe di Adobe Premiere Elements

Aplikasi Adobe Premiere Elements mendapatkan fitur auto reframe seperti yang ada di Adobe Premiere Pro dan Rush. Didukung oleh Adobe Sensei, fitur ini bisa secara otomatis menyesuaikan frame gambar pada bagian yang penting ketika aspect ratio-nya berubah.

Dengan GPU NVIDIA GeForce RTX, proses auto reframe itu berjalan 3x lebih cepat daripada hanya mengandalkan kekuatan CPU saja.

Substance 3D

Awal tahun ini Adobe merilis koleksi 3D Substance, yang meliputi Stager, Sampler, Designer dan Painter. Fitur 3D Subtance Stager akan mempermudah kamu menempatkan lingkungan 3D untuk gambar produk.

Baca Juga:  Awas! NVIDIA GeForce RTX 4090 Bisa Menguras Daya Hingga 600W

GPY NVIDIA GeForce RTX akan memproduksi gambar 3D yang tajam dengan kualitas realistis sampai 11x lebih cepat apabila dibandingan dengan sekedar memakai kekuatan CPU saja.

Dukungan Lain di Update NVIDIA Studio

Selain penambahan dukungan pada fitur dari aplikasi kreatif Adobe, pembaruan di NVIDIA Studio Driver juga memberikan hal baru untuk denoising (mengurangi gangguan bintik) di fotografi dan livestreaming.

Sebagai contoh untuk aplikasi DxO PhotoLab 5 yang menggunakan teknologi DeepPRIME dan AI. Dukungan dari Tensor Core AI NVIDIA pada DeepPRIME mampu meningkatkan kecepatan proses denoising dengan hasil gambar yang jernih dan tajam.

Lalu, aplikasi livestreaming GameCaster yang menerapkan fitur Noise Removal (audio) memiliki integrasi dengan NVIDIA Broadcast. Sekarang kamu bisa menentukan tingkat pengurangan gangguan suara berdasar sumber audio. Dengan begitu livestreaming bisa lebih natural tanpa mengganggu ucapanmu.

Laptop NVIDIA Studio

Nah, kalau kamu ingin mencari laptop yang mendukung NVIDIA Studio Driver, di bawah ini ada beberapa laptop yang kami rekomendasikan.

ASUS ProArt StudioBook Pro 16 OLED

ASUS ProArt StudioBook Pro 16 OLED (W7600) merupakan laptop creator baru yang menampilkan tuas kontrol unik ASUS Dial. Dengan ASUS Dial, kamu bisa mengontrol peralatan edit yang ada di aplikasi Adobe, seperti After Effect, Lightroom Classic, Photoshop, atau Premiere Pro.

Laptop ini memiliki dua pilihan GPU, yaitu NVIDIA RTX A3000 dengan memory 6GB DDR6 dan NVIDIA RTX A5000 dengan memory 16GB DDR6. Keduanya pun mendapat dukungan teknologi NVIDIA Max-Q.

laptop NVIDIA Studio ASUS

Lenovo ThinkPad P1 Gen 4

Dengan desain ringkas dan materi carbon-fiber, Lenovo ThinkPad P1 Gen 4 memiliki tampilan khas dan kinerja powerful. Apalagi dengan pilihan prosesor Intel Xeon W-11855M atau Intel Core i9-11950H.

Baca Juga:  Teknologi NVIDIA Instant NeRF Ubah Foto Jadi Render 3D

Pilihan GPU-nya pun beragam. Mulai dari NVIDIA RTX A2000 sampai A5000 atau NVIDIA GeForce RTX 3070 dan RTX 3080.

laptop nvidia studio lenovo

MSI Creator Z16

Bicara soal tampilan khas, MSI Creator Z16 juga tidak kalah unik. Dengan bodi raping, laptop ini memiliki warna Lunar Grey yang terinspirasi oleh bulan. Toh dengan pilihan prosesor sampai Intel Core i9 generasi 11, laptop ini sangat powerful.

Sedangkan untuk GPU-nya, MSI Creator Z16 hadir dengan NVIDIA GeForce RTX 3060 yang memiliki memory 6GB GDDR6.

laptop nvidia studio msi

Pembaruan NVIDIA Studio

Entah kamu memakai laptop kreator baru atau lama, kamu bisa cek apakah kamu mendapat pembaruan NVIDIA Studio driver terbaru yang memiliki update dari acara Adobe Max 2021 ini,

Silakan gunakan aplikasi GeForce Experience agar bisa mendapat update driver lebih mudah. Di samping itu kamu juga bisa cek dan unduh update NVIDIA Studio melalui situs resmi.

Selamat berkarya.