Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Instagram Bikin Fitur Obrolan Khusus Buat Pelanggan Subscriptions

Indri Penulis

Instagram baru-baru ini resmi mengenalkan fitur baru. Fitur ini berupa obrolan khusus yang dirancang agar pengguna Instagram lebih dekat sama pelanggan (subscriber).

Fungsi Instagram telah mengalami pergeseran selame beberapa tahun terakhir. Kalau sebelumnya, Instagram cuma dipakai buat posting foto dan video pribadi, terus berinteraksi sama orang lain via komentar atau DM, sekarang beda.

popculture.id

Kini Instagram telah berubah menjadi platform media sosial yang juga sering dipakai orang untuk mencari nafkah lewat jualan. Apalagi sejak adanya fitur Instagram Shop, penjual jadi bisa menjajakkan produk mereka lewat semacam fitur etalase lengkap dengan kolom deskripsi, label dan juga harganya.

Untuk membantu penjual agar penjualannya lebih mantul, Instagram awal tahun ini mulai menguji fitur Subscriptions atau Langganan sebagai cara untuk penjual agar lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan mereka, sambil mendapatkan prediksi soal penghasilan bulanan yang bakal didapatkan nantinya.

Juli ini, Instagram mengumumkan jika mereka merilis beberapa fitur baru di dalam Subscriptions supaya penjual bisa terhubung lebih dekat dengan pelanggan. Beberapa fitur tersebut antara lain obrolan pelanggan, cara baru untuk berbagi konten eksklusif secara permanen, dan juga tab eksklusif di profil.

Fitur Obrolan Pelanggan di Instagram

Saat kamu mempromosikan produk di Instagram, nilai penawaran yang diberikan pada pelanggan sebagian besar tentu berbasis konten. Tapi lewat fitur obrolan pelanggan, kamu bisa membangun komunitas bersama pelangganmu sambil memperluas potensi penghasilan.

Cara kerja fitur ini sangat sederhana. Kalau biasanya Instagram cuma punya satu ruang obrolan untuk menampung chat biasa, maka setelah adanya fitur ini, Instagram akan menambah satu lagi ruang obrolan yang di dalamnya ‘khusus’ berisi pelanggan. Jadi nanti DM biasa dan DM khusus pelanggan akan dibedakan. Harapannya dengan adanya fitur ini, nggak ada lagi kasus kreator yang melewatkan DM dari pelanggan gara-gara pesan tertimbun dengan DM pribadi.

fitur instagram obrolan pelanggan

Lewat fitur obrolan ini, kamu bisa membuat obrolan dengan maksimal 30 pelanggan sekaligus. Di dalam ruang obrolan tersebut kamu bisa mendiskusikan berbagai hal yang kamu suka, sharing-sharing hal lainnya, atau sekedar untuk mengumpulkan pelanggan setia saja.

Fitur obrolan pelanggan di Instagram saat ini diberdayakan oleh Messenger. Tapi fitur ini bisa langsung kamu gunakan di kotak masuk atau Instagram Story, dan obrolan khusus tersebut akan otomatis berakhir setelah 24 jam.

Lalu bagaimana cara pelanggan untuk bergabung ke obrolan khusus Instagram? Pelanggan bisa join via stiker “Join chat” yang ada di Instagram Story-mu, mirip dengan stiker berlangganan yang diluncurkan Instagram awal tahun ini. Sementara itu, kamu juga bisa menambahkan stiker tersebut ke Story khusus pelanggan atau Story biasa.

Post dan Reels Eksklusif

Fitur Instagram Story dan Live memang bisa membuatmu tetap terhubung dengan pelanggan. Tapi bagaimanapun juga, konten yang terpampang di tab Profil tetap yang paling penting. Sebab konten-konten itulah yang nanti akan menarik perhatian pelanggan baru dan mempertahankan komunitasmu.

fitur instagram obrolan pelanggan

Instagram turut memperkenalkan konten eksklusif dalam bentuk postingan Feed atau Reels. Lewat fitur ini, pelangganmu akan bisa terlibat dalam komentar dan kembali menikmati konten yang memang khusus kamu bikin buat mereka. Konten eksklusif letaknya ada di samping kanan postingan Feed dengan ikon mahkota.

Tab Eksklusif di Profil

Terakhir, Instagram juga turut meluncurkan tab eksklusif di profil Subscriptions. Lewat tab ini kamu bisa membuat berbagai konten eksklusif mulai dari membagikan kiriman Feed, Reels, dll, dan konten-konten tersebut akan lebih mudah ditemukan pelanggan segera setelah mereka berlangganan.

Nah itu tadi beberapa fitur baru yang dihadirkan Instagram ke layanan Subscriptions. Fyi, fitur-fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat ya. Belum ada info lebih lanjut soal kapan fitur tersebut hadir di luar Amerika Serikat.

    %d blogger menyukai ini: