Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Mengenal Gold dan Transaksi di Game Old School RuneScape (OSRS)

Anom Penulis

Old School RuneScape (OSRS) boleh kita sebut sebagai salah satu game legendaris. Sebagai game MMORPG, game ini juga memiliki imbas di dunia nyata, salah satunya melalui populernya transaksi OSRS Gold.

Daya tarik game MMORPG memang terletak pada petualangan yang luas dan interaksi dengan banyak pemain lain. Di sisi lain, salah satu aspek yang tidak kalah menarik minat pemain adalah sistem ekonomi di dalam game. OSRS pun sama seperti itu.

popculture.id

Tentang OSRS

Old School RuneScape, atau biasa disebut OSRS, adalah sebuah game massively-multiplayer online role-playing game (MMORPG) hasil buatan Jagex pada tahun 2013. Namun, sebenarnya game ini merupakan versi tahun 2007 dari game RuneScape.

OSRS adalah game yang populer. Sampai saat ini, jumlah pemain aktifnya masih sangat banyak. Bahkan bisa mengalahkan jumlah pemain game AAA yang lebih baru. Salah satu alasannya adalah mekanisme permainan yang menarik.

Di game ini, pemain akan berpetualang di dunia yang bernama Gielinor, yang memiliki banyak wilayah, dan dihuni oleh berbagai macam makhluk, termasuk manusia. Begitulah di dalam game, kita bisa berinteraksi dengan NPC, obyek yang ada di lingkungan, makhluk lain di dalam game, termasuk pemain lain.

Permainan yang ada berjalan bebas, tanpa satu alur cerita tertentu. Pemain menjalankan tugas (quest) yang ada, atau menentukan petualangan mereka sendiri.

Quest di game OSRS sangat beragam. Baik yang bisa kamu selesaikan dalam hitungan menit, sampai yang bisa kamu kerjakan dalam beberapa hari. Beberapa quest bisa kamu lakukan dengan mudah. Namun ada juga quest yang membutuhkan skill dalam level tinggi.

Bicara soal skill, ada tiga kategori besar skill di dalam game, yaitu bertarung (combat), mencari sumber daya (gathering), dan berkreasi (artisan). Walau OSRS merupakan game free-to-play, ada beberapa skill yang hanya ada untuk member. Misalnya: Agility, Construction, Slayer, atau Thieving. Lalu, beberapa skill membutuhkan item untuk bisa naik level.

OSRS Gold dan Transaksi

Bisa diduga dari pemaparan di atas, ada sistem perdagangan di dalam game ini. Jual beli juga menjadi salah satu daya tarik game OSRS.

Apa itu OSRS Gold?

Perdagangan di OSRS dilakukan dengan mata uang emas (gold pieces / gp gold / coin). Istilah lain yang sering dipakai untuk mata uang ini adalah OSRS Gold.

Gold bisa didapat dari banyak hal. Mulai dari menyelesaikan level di dungeon, menggunakan skill, menjual dropped item atau sumber daya alam, bercocok tanam, dll. Hal ini memicu apa yang disebut dengan gold farming (sering juga ada yang memakai macro).

Selain itu, gold juga bisa didapat dengan transaksi di dunia nyata. Memang pada dasarnya Jagex tidak menganjurkan jual beli item OSRS di luar game dan bisa menyebabkan akun mendapat ban. Namun hal ini tetap bisa kamu lakukan tanpa resiko itu.

Pentingnya Gold

Sebagai mata uang di dalam game, gold bisa dipakai untuk berbagai macam hal. Mulai dari membeli barang untuk kegiatan sampai keperluan untuk naik level.

Jual beli

Ada banyak barang yang bisa kita beli di dalam game. Misalnya perlengkapan aktivitas sehari-hari, seperti mangkok, tempat air, keranjang, palu, pisau, kapak, dll. Selain itu, ada pula barang khusus seperti senjata, armor, gem, rune, dll. Termasuk juga bahan makanan.

Kegiatan jual beli di dalam game bisa kita lakukan di melalui toko, Grand Exchange, atau secara langsung antar pemain. Ada beberapa barang yang tidak bisa dijual di Grand Exchange tapi bisa dijual ke pemain lain.

Naik Level

Gold juga bisa kamu pakai untuk melengkapi inventory dan menaikkan level karakter. Beberapa skill membutuhkan item untuk bisa naik level. Misalnya cooking, praying, construction, crafting dan beberapa lainnya pada OSRS Power Leveling. Seperti sudah disebut di atas, ada pula skill yang bisa menghasilkan gold. Jadi semakin tinggi level, pendapatan juga bisa semakin tinggi.

Membeli Old School Bond

Old School Bond adalah item di dalam game yang memungkinkan pemain membeli keanggotaan (membership). Membership bond bisa ditransaksikan di Grand Exchange.

Jual Beli OSRS Gold

Seperti sudah disebut di atas, OSRS Gold bisa kamu dapat dengan transaksi di dunia nyata. Dalam arti membeli dengan uang. Pembelian ini biasanya dilakukan melalui website pihak ketiga. Salah satu website yang menjadi tempat jual beli adalah rsorder.com.

RSorder menawarkan pembelian OSRS Gold dan juga RuneScape 3 Gold (RS3 Gold) dengan nilai tukar bersaing. Selain itu, website ini juga memiliki layanan membership agar kamu bisa mengecek riwayat transaksi dan mendapat penawaran khusus.

Website ini juga punya tim yang menangani transaksi, sehingga ketika kamu membeli gold di sini, kamu segera mendapatkannya dengan cepat.

Yang tidak kalah menarik, kamu juga bisa menjual OSRS Gold dan RS3 Gold ke RSorder. Harganya pun bersaing dibanding dengan website lain. Jika kamu mau menjual gold, kamu akan terhubung dengan customer service yang menangani transaksi ini.

Satu hal lain yang penting adalah website ini tidak menggunakan bot sebagai sarana transaksi. Dengan begitu, akun OSRS-mu tidak akan mendapat flag dari Jagex dan tetap tidak akan terkena ban.

Seperti kamu lihat, jual beli OSRS Gold ini memang menarik. Apalagi kalau kamu sudah main cukup lama dan sudah menguasai teknik money making di OSRS. Selain bisa terus meningkatkan skill dan inventory, kamu juga bisa menjual aset dan memiliki pendapatan.

    %d blogger menyukai ini: