Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

OPPO Find X5 dan X5 Pro Rilis dengan Spesifikasi Kamera Hasselblad

Indri Penulis

Jajaran ponsel terbaru OPPO Find X5 Series akhirnya resmi meluncur. Seri ini terdiri dari model OPPO Find X5 dan OPPO Find X5 Pro.

OPPO memang sudah lama digosipkan akan mendebutkan ponsel baru OPPO Find X5 Series. Beragam gosip panas muncul sebelum ponsel resmi diumumkan. Salah satu rumor yang paling menarik adalah saat OPPO Find X5 Series digosipkan pakai kamera Hasselblad dan chip MariSilicon terbaru OPPO.

popculture.id

Februari ini (berbarengan dengan rilisnya realme Narzo 50), OPPO resmi meluncurkan OPPO Find X5 Series yang terdiri dari dua model, yakni OPPO Find X5 dan OPPO Find X5 Pro. Bisa ditebak OPPO Find X5 Pro adalah model terbaiknya, sementara OPPO Find X5 menjadi model standar. Lalu seperti apa spesifikasi mereka berdua?

OPPO Find X5 Pro

Fitur utama yang menjadi daya jual Find X5 Pro adalah kameranya. Sebenarnya spesifikasi kamera Find X5 Pro mirip dengan Find X3 Pro. Ponsel ini hadir dengan kamera wide dan ultrawide 50MP Sony IMX766 (1/1,56”, 1,0 m) + sensor telefoto 13MP. Namun perangkat pendukung dan algoritme pemrosesan gambar di Find X5 Pro dibikin lebih canggih.

Peningkatan fitur kamera yang signifikan di Find X5 Pro disebabkan oleh pemakaian chip MariSilicon X 6nm. Chip ini diklaim mampu merekam 4K Ultra Night Video di kamera wide dan ultrawide (warna lebih cerah, lebih sedikit noise), dan merekam video HDR pada 20-bit per channel (4x lebih besar dari Find X3 Pro).

Nggak cuma itu, mode Pro pada kamera juga dibekali fitur Hasselblad Natural Color Calibration, yang mengandalkan sensor warna 13 channel baru (menggantikan sensor 5 channel di Find X3 Pro). OPPO juga menggunakan elemen kaca di depan kamera untuk meningkatkan akurasi warna dan mengurangi chromatic aberration.

Bagaimana dengan kamera depannya? Find X5 Pro mengandalkan kamera selfie Sony IMX709 32MP dengan sub-piksel RGBW (bisa menangkap 60% lebih banyak cahaya). Kamera default dibagian depan punya 80° FoV, tapi otomatis akan beralih ke 90° saat selfie grup.

Terlepas dari fitur kameranya, Find X5 Pro hadir dengan layar AMOLED 6,7” (panel LTPO) dengan kecepatan refresh variabel 1Hz – 120Hz. Bagian depan ponsel sudah dilindungi Corning Gorilla Glass Victus. Ponsel ini juga telah lolos sertifikat IP68 yang membuatnya tahan debu dan air.

Untuk dapur pacunya, ponsel ini mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Find X5 Pro hadir dengan ColorOS 12.1 berbasis Android 12. Ponsel ini juga dibekali fitur Multi-Screen Connect, yang memungkinkan pengguna beralih dengan mulus antara ponsel dan PC Windows.

Lebih lanjut, ponsel ini dibekali baterai 5.000mAh dengan dukungan SuperVOOC 80W. Fitur tersebut diklaim mampu mengisi daya 0% – 50% dalam waktu 12 menit. Ponsel ini juga mendukung pengisian nirkabel AirVOOC 50W, yang bisa mengisi daya ponsel penuh dalam 47 menit.

Terakhir, Find X5 Pro tersedia dalam satu konfigurasi yakni model 12GB/256GB. Ponsel ini hadir dalam warna Ceramic White dan Glaze Black.

OPPO Find X5

Find X5 hadir dengan layar OLED 6,55” dengan resolusi 1080p+. Walau nggak pakai panel LTPO seperti Find X5 Pro, tapi ponsel ini mendukung kecepatan refresh 120Hz. Bagian belakang ponsel dilapisi kaca matte yang tahan sidik jari. Find X5 hadir dalam dua varian warna yakni Black dan White.

Untuk jeroannya, Find X5 mengandalkan Snapdragon 888 yang dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Ponsel ini menjalankan ColorOS 12.1 berbasis Android 12. Ia juga mendukung fitur Multi-Screen Connect seperti saudaranya.

Dalam hal kamera, ponsel ini punya pengaturan yang cukup mirip dengan model Pro (kamera depan dan belakang sama). Bahkan ia juga dibekali fitur Hasselblad Natural Color Calibration dan chip MariSilicon X 6nm. Kamera wide-nya juga dibekali fitur OIS, tapi itu jenis biasa dan bukan stabilisasi optik 5-sumbu seperti model Pro.

Kita lanjut ke fitur lainnya. Find X5 dibekali baterai yang agak kecil yakni 4.800mAh dengan dukungan pengisian kabel SuperVOOC 80W, serta pengisian wireless AirVOOC 30W.

Find X5 menawarkan sistem pendingin multi-tingkat yang mirip dengan model Pro (mencakup ruang uap ekstra besar). Bedanya, ponsel ini nggak mengantongi sertifikasi IP68. Itu artinya Find X5 nggak tahan debu dan air.

    %d blogger menyukai ini: