Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

OPPO “NPU MariSilicon X” Hadirkan Solusi Fotografi yang Lebih Canggih

Indri Penulis

OPPO resmi umumkan NPU MariSilicon X terbaru. NPU ini diklaim bisa meningkat kualitas foto, video dan memperluas fitur kamera.

Acara OPPO INNO DAY 2021 hari pertama akhirnya selesai. Hari pertama acara telah OPPO gunakan untuk mengumumkan kacamata AR generasi ke-3 mereka, “OPPO AR Glass 2021.” Kacamata ini tampil dengan desain yang lebih stylish dan canggih dibanding pendahulunya.

popculture.id

Selain mengumumkan kacamata AR “OPPO Air Glass 2021,” OPPO juga turut mengumumkan “NPU MariSilicon X.” Dia adalah NPU yang dibuat berdasarkan proses manufaktur 6nm, dan bakal mentenagai ponsel OPPO Find X-Series yang rilis Q1 tahun 2022.

Apa keunggulan dari NPU terbaru ini? NPU MariSilicon X disebut-sebut mampu meningkatkan kualitas foto dan video, serta memperluas rangkaian fitur kamera.

NPU ini sudah memiliki ISP mereka sendiri. Dengan begitu, OPPO tak perlu lagi bergantung pada ISP yang ada di chipset (seperti di Snapdragon 8 Gen 1). ISP yang ada di MariSilicon X mampu memanfaatkan potensi penuh dari sensor RGBW OPPO, karena mereka telah mendukung pemisahan white channel dari RGB.

OPPO NPU MariSilicon X juga telah mendukung rentang dinamis 20-bit, 120db dalam gambar, pemrosesan RAW real-time dalam video 4K.

MariSilicon X juga digadang-gadang mampu memperkuat kinerja AI pada kamera. Dengan menggunakan NPU ini, AI kamera mampu menerapkan algoritme yang berbeda untuk pengurangan noise, menyajikan reproduksi warna yang lebih baik, HDR, detil gambar yang lebih bagus, rentang dinamis, dll.

Masih seputar tugas AI, NPU ini juga diklaim mampu melakukan beberapa pemecahan angka serius. Misalnya, dia bisa melakukan 18 trillion operations per second (TOPS) secara efisien. Apalagi jika didukung dengan memori khusus bikinan OPPO.

Perlu kamu tahu, biasanya NPU lain akan bergantung pada memori sistem. Sayangnya hal tersebut hanya akan memperlambat waktu pemrosesan dan buang-buang energi. Jadi OPPO menguranginya dengan memori khusus yang mampu mentransfer data 8,5GB/s.

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, MariSilicon X akan tiba sekitar awal tahun 2022 bersama dengan ponsel seri terbaru OPPO Find X. Ponsel ini disebut-sebut bakal menjanjikan “pengalaman pencitraan tercanggih dan terkuat yang pernah ada.”

    %d blogger menyukai ini: