Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah 3 Tips dan Cara Pakai YouTube Secara Anonim

Indri Penulis

Berselancar di YouTube secara anonim bisa bikin kamu lebih tenang. Cobain tips dan cara pakai YouTube secara anonim berikut ini deh.

Pernah nggak sih, kamu menonton satu atau dua video dengan topik tertentu. Kemudian pas kamu kembali ke beranda YouTube, kamu langsung melihat video dengan topik serupa membanjiri beranda YouTube-mu?

popculture.id

Ya, memang seperti itulah algoritma YouTube. YouTube akan merekomendasikan konten berdasarkan topik video yang sering / pernah kamu tonton di platform-nya.

Kalau kamu merasa jengah dengan algoritma YouTube yang seperti itu, tenang dulu, semua ada solusinya. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan YouTube secara anonim. Kali ini saya akan kasih tips dan cara pakai YouTube secara anonim. Kamu bisa langsung simak caranya dalam ulasan berikut.

Keluar dari Akun Google

Buatmu yang selama ini menggunakan akun Google saat berselancar di YouTube, sekarang kamu bisa logout dari akun tersebut. Pastikan ini kamu lakukan sebelum mulai menjelajah video di YouTube ya. Dengan cara ini, aktivitasmu tidak akan ditautkan ke akun dan identitas aslimu.

Walaupun terlihat menjanjikan, tapi sebenarnya cara pertama ini nggak 100% berhasil lho. Pasalnya YouTube masih bisa melacak alamat IP-mu. Tapi setidaknya, ini adalah cara praktis untuk menjelajahi YouTube secara anonim. Atau biar lebih mantul, kamu bisa pakai VPN atau proxy untuk menutup alamat IP-mu dan meningkatkan anonimitasmu.

Pakai VPN Pas Buka YouTube

Tips kedua yang bisa kamu coba adalah membuka YouTube sambil mengaktifkan VPN. VPN bakal mengenkripsi lalu lintassmu, lalu merutekan lalu lintas tersebut lewat server lokasi lain.

Hasilnya, VPN bakal bikin seolah-olah kamu membuka YouTube dari tempat yang berbeda dengan lokasi aslimu. VPN nggak cuma mempersulit orang untuk melacakmu, tapi juga memungkinkan kamu untuk melewati batasan geografis.

Contohnya kamu mau mengakses video yang hanya tersedia di Jepang. Nah kamu tinggal mengaktifkan VPN untuk menyambung ke server di Jepang, dan voila.. video-video yang awalnya cuma bisa dibuka di Jepang, dalam sekejap mata akan langsung nongol di depanmu.

Bikin Akun Google Sekali Pakai

Trik ketiga yang bisa kamu coba adalah bikin akun Google sekali pakai. Akun sekali pakai ini bisa kamu gunakan hanya untuk YouTube. Menariknya kamu nggak perlu memasukkan info pribadi apapun saat bikin akun ini.

Cara membuat akun Google sekali pakai sangat mudah. Kamu cukup buka situs web Gmail dan pilih “Create Account.” Setelah itu masukkan saja informasi pribadi palsu alias ‘ngawur’ saat diminta. Kalau sudah selesai, kamu tinggal buka YouTube dan login pakai akunn Google sekali pakai tadi.

Itu dia beberapa tips dan cara pakai YouTube secara anonim. Bagaimana menurutmu, tutorial di atas sangat mudah kan?

    %d blogger menyukai ini: