Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Memantau Paket Internet di Data Usage Windows 10 Mobile

paket internet di data usage
Anom Penulis

paket internet di data usage

Paket internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hal itu menjamin berbagai kegiatan kita. Baik bersosialisasi, bekerja, atau sekedar bersenang-senang secara online. Ya, gaya hidup masa kini, gaya hidup digital. 😀

popculture.id

Seiring berkembangnya teknologi, konten online juga mengalami peningkatan yang bisa memakan kuota paket internet kita. Misalnya video HD di YouTube, streaming lagu, dll. Kalau kita tidak ingin kuota bobol, tentunya penggunaan koneksi internet harus kita pantau.

Sistem operasi modern sudah dilengkapi dengan alat untuk memantau penggunaan paket internet tersebut. Di Windows 10, aplikasi itu bernama Data Usage. Langsung saja kita lihat bagaimana cara memantau penggunaan kuota kita dengan Data Usage tersebut.

Mengatur Kuota Paket Internet

  1. Buka Setting > Network & Data > Data Usage.
    Di sana akan terlihat grafik penggunaan data seluler atau jumlah kuota kita.
    network data usage
  2. Kita harus tentukan dulu batasan kuota kita. Tap Set limit.
  3. Masukkan data sesuai paket yang kita miliki. Jenis batasan (limit) bisa diatur bulanan, sekali pakai, atau unlimited. Masukkan juga berapa hari lagi paket internet kita akan berakhir. Tentunya, jangan lupa masukkan jumlah kuota kita.
    setting kuota paket internet window s10 mobile
  4. Setelah semua data kita masukkan, tap Save. Tunggu beberapa saat sampai grafik informasi melakukan update sesuai data kita.
  5. Nah, sekarang kita bisa memantau penggunaan kuota internet dengan lebih baik. Kita bisa melihat berapa kuota yang kita pakai, berapa yang tersisa, juga berapa hari lagi sampai paket itu habis.
    Supaya lebih efisien, pin Data Usage ke Start Screen.
    kupta paket internet di live tile data usage

Ada sedikit masalah kecil di sini. Seperti kita ketahui bersama, banyak paket internet yang menawarkan kuota 24 jam, dan kuota malam (alias paket ronda atau paket vampir). Perbedaan penggunaan koneksi internet siang-malam ini tidak bisa dipantau dengan baik melalui aplikasi Data Usage ini.

Tapi kan sudah ada informasi soal kuota di website provider kita? Aplikasinya juga ada kok. Ya, memang. Toh, nggak ada salahnya juga kan melakukan cek dan ricek. Acara gosip saja ada cek dan ricek. Masak paket internet yang kita beli nggak kita cek?

Ada satu lagi hal menarik di aplikasi Data Usage ini. Kalau kalian perhatikan, ada informasi soal Wi-Fi. Nah, kelemahan fitur informasi Wi-Fi di Data Usage ini, tidak ada pengaturan waktunya. Lho, perlunya apa? Ada lho paket internet yang menawarkan kuota siang, kuota vampir, dan Wi-Fi publik. Saya sudah pernah memberikan feedback soal ini. Entah dikabulkan atau tidak.

Anyway, semoga informasi soal pengaturan paket internet ini cukup membantu. Sun sayang untuk kalian semua. Muah!

    %d blogger menyukai ini: