Panduan Menghemat Kuota Internet yang Perlu Dilakukan

menghemat kuota

Bisa dibilang bahwa berselancar di dunia maya dengan memakai internet memang sudah menjadi kebutuhan setiap orang di zaman sekarang. Mulai dari bermain media sosial, ngeblog, ngevlog, browsing di internet, hingga belanja. Dengan semakin banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh internet, banyak orang semakin tertarik menggunakan.

Untuk menggunakan internet, tentu saja kita membutuhkan kuota atau data internet. Tanpa kuota, internet tidak akan bisa berjalan. Jika dulu kamu beli pulsa untuk sms dan telepon, sekarang lebih dialikan ke kuota internet. Tetapi sayangnya, ada banyak orang yang tidak bisa mengontrol pemakaian kuota internet dengan baik alias hemat. Akhirnya pengeluaran pun membengkak.

Lalu bagaimana sih caranya supaya kuota internet lebih hemat? Berikut ini merupakan beberapa cara menghemat kuota internet yang bisa dilakukan.

 

Menggunakan browser yang lebih efisien

Apakah kamu tahu bahwa sebuah browser bisa menguras kuota internet? Apalagi jika kamu memakai browser default bawaan dari smartphone. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan browser lain yang lebih efisien, seperti Opera Mini, Google Chrome, dan masih banyak lainnya. Coba cek setting, kamu bisa mengatur penggunaan bandwith dengan cara mematikan data saving.

Mengubah fitur Maps pada mode offline

Aplikasi Maps ternyata juga bisa menguras kuota internet dengan cepat. Namun sayangnya tidak banyak pengguna yang sadar tentang hal ini. Apalagi jika kamu menggunakan beberapa fitur seperti melihat trafik secara real time, melihat map dengan mode satellite, layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, dan masih banyak lainnya. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengubah pengaturan Maps dari mode online menjadi mode offline.

Mematikan pilihan sinkronisasi yang tidak diperlukan

Biasanya ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi secara otomatis tanpa disadari, sehingga kuota internet pun bisa tersedot dengan cepat. Kamu bisa mematikan alias menonaktifkan fitur ini pada beberapa akun yang memang jarang dipakai. Bisa juga memilih sinkronisasi saat smartphone sedang tersambung dengan Wi-Fi saja.

Mengidentifikasi aplikasi yang menyedot kuota data

Tips selanjutnya ialah dengan cara mengidentifikasi aplikasi apa saja yang bisa menyedot kuota data. Kamu bisa mengetahui aplikasi mana saja yang memakan data melalui menu Settings > Data Usage, kemudian scroll ke bawah. Nah, setelah mengetahui aplikasi mana saja yang menyedot data, setidaknya kamu bisa mempertimbangkan untuk menguninstall aplikasi tersebut.

Membatasi penggunaan mobile data

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan cara membatasi penggunaan mobile data agar bisa terkontrol dengan mudah. Bagaimana caranya? Kamu bisa memakai fitur data usage warning dan limit system yang buil-in pada smartphone. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan peringatan saat penggunaan kuota internet sudah melebihi batas.

Membatasi penggunaan data pada setiap aplikasi

Nah, kalau tadi membatasi penggunaan mobile data secara umum pada seluruh aplikasi. Kalau cara ini bisa kamu lakukan jika ingin membatasi penggunaan data pada masing-masing aplikasi. Kamu bisa mengatur dengan cara masuk ke menu setting pada aplikasi yang ingin diatur.

Itu tadi beberapa cara menghemat penggunaan kuota internet. Ingat, menghemat kuota berarti kamu juga menghemat pengeluaranmu. Alias kamu bisa lebih berhemat uang lagi. Kamu bisa sesekali memanfaatkan Wi-Fi gratis apabila ingin melihat video atau file-file yang dapat memakan banyak kuota internet.

Dan yang paling terpenting ialah jangan keasyikan berselancar di dunia maya hingga boros ya. Nggak mau kan uang jajan setiap bulan habis hanya karena beli kuota?