Pantau Tontonan Anak Melalui Aplikasi YouTube Kids

Pada tanggal 6 September 2018, perusahaan YouTube telah merilis aplikasi khusus untuk Anak-anak. Aplikasi tersebut diberi nama YouTube Kids.

YouTube Kids dibuat hampir sama dengan YouTube pada umumnya. Aplikasi ini berisi berbagai konten menarik yang berasal dari seluruh dunia. Saat ini aplikasi YouTube Kids telah resmi hadir di Indonesia.

YouTube Kids telah diluncurkan pada lebih dari 37 negara. Dan sampai saat ini, aplikasi tersebut telah dilihat lebih dari 70 miliar kali.

Youtube Kids telah memperoleh lebih dari 14 juta penonton aktif mingguan, serta puluhan juta unduhan yang dilakukan oleh keluarga.

Tidak tanggung-tanggung, meskipun baru beberapa waktu diluncurkan di Indonesia, namun aplikasi YouTube Kids telah mendapat peringkat lima terbaik dalam kategori aplikasi Anak.

Pihak YouTube mengatakan jika prioritas utama mereka adalah, memberikan pengalaman terbaik bagi keluarga serta anak-anak untuk mengakses kekayaan konten ramah keluarga.

Selain itu, YouTube Kids juga dapat memberikan orang tua kontrol penuh, dalam memberikan pengalaman yang sesuai dengan usia anak mereka.

Sumber Gambar : YouTube

YouTube Kids pertama diperkenalkan pada tahun 2015. Pada waktu itu, tim YouTube Kids banyak terdiri dari orang tua. Mereka bekerja keras untuk menambah fitur untuk orang tua dan anak.

Selain itu, tim YouTube Kids juga telah melakukan banyak peningkatan aplikasi. Peningkatan tersebut berdasarkan masukan dari komunitas.

YouTube Kids dipercaya dapat memberi pengalaman serta kesempatan pada anak-anak, untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu mereka.

Ada beberapa fitur utama dalam YouTube Kids, antara lain:

Konten yang Fokus pada Keluarga

YouTube telah berhasil membuat aplikasi YouTube Kids. Aplikasi ini menjadi versi YouTube yang lebih ramah keluarga.

YouTube Kids menjadi tempat anak-anak untuk eksplorasi imajinasi, serta memuaskan rasa ingin tahu mereka yang tidak ada habisnya.

YouTube Kids telah bekerja sama dengan beberapa pihak, untuk menawarkan berbagai koleksi saluran terpercaya mengenai seni, kerajinan, musik, pembelajaran, olahraga, dan masih banyak lainnya.

Tentu hal ini akan memudahkan orang tua, dalam memilih topik yang ingin mereka berikan pada anak-anak. Pengguna cukup masuk dalam Pengaturan Profil, kemudian pilih koleksi yang ada seperti ‘Sesame Workshop’ atau ‘PBS Kids.’

Desain Konten Cerah dan Menyenangkan

Dengan desain yang lebih ramah keluarga, YouTube Kids membuat orang tua lebih mudah dalam menemukan saluran khusus anak.

Kini aplikasi YouTube Kids telah mempunyai tampilan karakter, serta warna khas anak-anak. Dengan desain menarik, diharapkan dapat membuat anak lebih suka menggunakan YouTube Kids, dari pada aplikasi YouTube biasa.

[irp posts=”54822″ name=”Sembunyikan Video Berbahaya Dengan Mode Incognito YouTube”]

Pengawasan Orang Tua

Tim YouTube Kids mengetahui betapa pentingnya orang tua untuk bisa tenang, pada saat anak menjelajah di YouTube.

Oleh sebab itu, YouTube Kids telah membuat beberapa opsi dalam aplikasi. Opsi-opsi tersebut akan membantu orang tua dalam memantau anak-anak mereka. Beberapa opsi tersebut antara lain:

Cari Aktif / Nonaktif: Orang tua bisa selalu memastikan penelusuran dalam aplikasi YouTube. Hal ini dapat digunakan untuk membatasi konten ke dalam saluran yang telah diverifikasi tim YouTube Kids.

Hal tersebut berarti, pencarian tidak akan menyertakan rekomendasi yang berasal dari korpus YouTube Kids secara luas.

Profil Anak: Kini orang tua dapat membuat profil untuk anak mereka. Dengan begitu, anak dapat menikmati profil individu serta rekomendasi video dalam satu tempat yang sama. Opsi ini sangat berguna bagi perangkat yang digunakan banyak anak.

Kode Kustom untuk Anak: Apabila anak mempunyai keinginan mandiri dalam menggunakan YouTube Kids, maka tim YouTube Kids memberikan fitur pembuatan kode sandi pribadi. Kode tersebut digunakan pada saat akan masuk ke profil.

Walaupun anak dapat melakukan proses login dan logout pada aplikasi, namun orang tua tetap dapat mengganti passcode mereka untuk masuk ke aplikasi.

Timer: YouTube Kids mempunyai timer bawaan. Timer bawaan ini memungkinkan orang tua, untuk membatasi waktu tonton anak-anak. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberitahui anak-anak, apabila sesi menonton sudah selesai.

Download

Download

Semoga dengan behadiran YouTube Kids di Indonesia, dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, terima kasih.

%d blogger menyukai ini: