Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Patreon Berniat Bikin Platform Video Sendiri

Anom Penulis

Ada kabar menarik untuk para content creator. Patreon memiliki rencana untuk membuat platform video sendiri, termasuk untuk hosting untuk menyimpan dan player untuk memutarnya.

Kabar ini merupakan konfirmasi yang didapat oleh The Verge dari CEO Patreon, Jack Conte. Dalam pernyataannya ia menyebutkan kalau Patreon sudah memiliki hosting untuk podcast, dan sedang membangun produk video.

popculture.id

Jack Conte tidak memberi informasi lebih jauh soal kapan layanan platform video itu akan hadir. Namun nampaknya platform ini akan memungkinkan para Patron (mereka yang berlangganan) menonton video dari para content creator tanpa meninggalkan website Patreon.

Saat ini kebanyakan content creator menampilkan video mereka melalui YouTube atau Vimeo dan memberi link untuk langganan di bagian deskripsi. Patreon sendiri saat ini memiliki integrasi dengan Vimeo.

patreon video di vimeo
Video di Vimeo

Tentu ini merupakan langkah yang berani. Bagaimanapun, YouTube merupakan layanan yang dominan jika kita bicara soal konten video. Di samping itu, masih ada Instagram dengan IGTV-nya dan TikTok yang semakin populer.

Tapi mungkin memang ada celah untuk platform video ini. Terutama bagi mereka yang ingin memberi dukungan langsung ke content creator dan muak dengan iklan yang hadir bertubi-tubi di YouTube. Mungkin seperti Twitch untuk live streaming game.

Di sisi lain, Jack Conte juga meluncurkan seri podcast berjudul “The Creator Economy.” Di sini ia akan berbicara dengan berbagai pihak yang berpikir maju dalam sisi ekonomi untuk kepentingan content creator.

Jadi memang menarik. Akankah platform video Patreon menjadi seperti Netflix untuk creator content? Akankah layanan ini berhasil? Yah, terlalu dini untuk menduga-duga. Kita lihat saja nanti.

    %d blogger menyukai ini: