No Coding-Coding Club! Inilah 5 Pekerjaan IT Tanpa Perlu Skill Coding

Indri Penulis

Sebenarnya ada banyak pekerjaan IT yang tanpa perlu skill coding. Contohnya SEO specialist, UI/UX Design, Technical Writer, dll.

Zaman sekarang kerja di bidang IT mulai dilirik banyak orang. Apalagi seiring dengan majunya teknologi, berbagai perusahaan mulai mencari karyawan yang punya skill pemrograman alias coding. Gaji yang ditawarkan pun cukup tinggi (makin expert, makin jumbo gajinya), apalagi saat ini masih cukup jarang orang yang menguasai skill coding.

Tapi apa semua pekerjaan di bidang IT butuh skill coding yang terkenal ‘sangat sulit’ itu? Nggak juga. Memang kebanyakan sih iya. Tapi ada juga pekerjaan di bidang IT yang nggak memerlukan skill coding.

Nah buatmu yang bercita-cita kerja di bidang IT tapi malas kalau disuruh ngoding, kali ini saya bakal membeberkan beberapa jenis pekerjaan IT tanpa perlu skill coding. Dijamin kamu bakal terlihat keren tanpa perlu pusing soal kode pemrograman deh.

SEO Specialist

Zaman sekarang, peran SEO specialist memang sangat dibutuhkan banyak orang. Apalagi buat mereka yang mempromosikan bisnisnya di toko online berbasis website, SEO spesialist sangat dibutuhkan untuk menggenjot trafik dan peringkat website mereka di search engine.

Sumber : Info Gaji

Untuk menjadi SEO specialist, kamu nggak wajib menguasai skill coding. Hal yang wajib kamu lakukan adalah belajar ilmu baru, dan selalu update dengan perubahan algoritma Google atau mesin pencari lainnya yang sering berubah.

UI/UX Designer

Sumber : Logique Digital Indonesia

UI designer bertanggung jawab untuk membuat tampilan website/aplikasi agar terlihat menarik dan estetik. Sedangkan UX designer harus bisa menciptakan tampilan website atau aplikasi yang mudah dipakai oleh pelanggan.

Technical Writer

Dari namanya saja sudah jelas kalau profesi ini anti-coding. Walau pakai embel-embel ‘writer,’ tapi pekerjaan yang satu ini berbeda dengan profesi menulis lainnya.

Sumber: KASKUS

Sebab technical writer harus bisa mengubah bahan tulisan yang sangat teknis, menjadi tulisan yang lebih mudah dipahami pembaca. Contohnya menulis tentang panduan penggunaan produk, instruksi pemakaian, atau bikin FAQ atau Frequently Asked Question.

Business Analyst

Sumber: InspoHigh

Pekerjaan ini juga cocok buat kamu yang mau kerja di bidang IT, tapi nggak mau ribet-ribet menguasai skill coding. Tentang apa sih pekerjaan ini? Jadi business analyst punya peran yang sangat penting di dalam perusahaan teknologi. Sebab mereka akan menjadi jembatan antara pelanggan dan perusahaan.

Product Manager

Sumber: Dinas Ketenagakerjaan Bandung

Kalau kamu bekerja sebagai product manager, kamu bertanggung jawab untuk membuat produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Keahlian yang paling dibutuhkan dari pekerjaan ini adalah komunikasi, kemampuan bernegosiasi dan juga berpikir analisis serta strategis.

    %d blogger menyukai ini: