Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Pekerjaan Keamanan Siber Mengalami Pertumbuhan di Indonesia

koneksi internet aman lewat vpn
Anom Penulis

Saat semua bidang industri dilakukan secara digital, maka kebutuhan akan keamanan dunia maya di Indonesia semakin besar. Secara otomatis, banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk bidang keamanan siber. Apalagi Indonesia dianggap sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar untuk kawasan di Asia Tenggara. 

Faktanya adalah eksistensi keamanan siber sangat krusial bagi para perusahaan untuk melindungi segala informasi tentangnya dari serangan dan kejahatan seperti malware dan virus, scareware, botnets dan zombies dan banyak lagi.

popculture.id

Kebutuhan Keamanan Siber

Di Indonesia sendiri, telah sering terdengar berita-berita adanya kebocoran data-data pribadi para pelanggan di dunia maya yang pastinya akan sangat merugikan mereka. 

Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga di seluruh dunia. Sebuah studi mengatakan bahwa tahun lalu saja diperlukan sekitar 3 juta pekerja yang mahir dalam bidang keamanan siber.

Kenyataan  ini diperkuat oleh Konsorsium Sertifikasi Keamanan Siber bahwa para pekerja dalam dunia maya mesti berkembang mendekati 90% guna memenuhi keperluan pekerjaan di bidang keamanan siber.

Meskipun isu ini di Indonesia belum seheboh di negara-negara maju, namun banyak perusahaan di Indonesia yang mulai sadar akan pentingnya keamanan dunia maya.

Sebagian besar sudah mulai membuka banyak lowongan pekerjaan dalam bidang ini, baik untuk mereka yang sudah berpengalaman maupun para lulusan baru (fresh graduates) dari berbagai universitas di Indonesia.

Mereka sadar bahwa serangan siber akan berdampak buruk secara signifikan pada aset dan bisnisnya. Oleh karena itu, prospek bekerja dalam sektor ini sangat terbuka lebar di Indonesia mengingat semakin besar kesadaran perusahaan untuk melindungi reputasinya di dunia maya. 

Bisa dibilang pekerjaan-pekerjaan dalam bidang keamanan siber di Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dibandingkan negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan berdasarkan laporan yang memiliki judul Negara Keamanan Siber di ASEAN yang telah diterbitkan oleh Jaringan Palo Alto pada bulan Juli tahun lalu, ada sebanyak 84% perusahaan di Indonesia yang telah menaikkan anggaran perusahaan untuk sektor ini tahun lalu.

Diprediksikan bahwa anggaran ini akan dinaikkan mengingat terjadinya berbagai ancaman digital yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Meskipun terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk kawasan Asia Tenggara, namun nyatanya Indonesia masih perlu memperkuat infrastruktur dan peraturan kemanan sibernya.

Di Indonesia sendiri, pekerjaan keamanan siber ini masih belum banyak digeluti oleh warga masyarakat biasa. Padahal peluang kerja dalam bidang ini sangat terbuka lebar. Tidak hanya itu, seringkali orang-orang yang bekerja di bidang ini akan ditawari gaji jauh lebih besar dari rata-rata per bulannya.

Untungnya saat ini sudah ada sejumlah universitas di dalam negeri yang membuka jurusan Cyber Security. Mereka menawarkan kepada para mahasiswanya kemahiran teknis yang diperlukan untuk melawan kejahatan siber yang semakin menjadi-jadi di Indonesia.

Selain kesempatan dan lowongan pekerjaan dalam bidang ini akan tumbuh di Indonesia, Pemerintah juga berencana untuk mengeluarkan regulasi dalam bidang keamanan dan ketahanan siber untuk mendukung terciptanya situasi yang kondusif dan baik.

Karena itu tidak mengherankan bahwa Pemerintah Indonesia telah menjajaki kerjasama dengan sejumlah negara maju termasuk dengan Sisco, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat dalam menguatkan keamanan teknologi digital di tanah air. 

Profesi Keamanan Siber Yang Paling Diminati di Indonesia

  1. Konsultan keamanan siber
  2. Spesialis forensik komputer
  3. Auditor keamanan siber
  4. Pengembang keamanan software  
  5. Analis keamanan siber

Yang Diperlukan untuk Bekerja pada Sektor Keamanan Siber?

Selain memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi selama masa kuliah di universitas dalam jurusan Keamanan Siber, maka kamu dituntut untuk memiliki karakter yang hobi menganalisis, menjalankan riset, serta tekun dalam memecahkan berbagai masalah terkait bidang ini.

Kamu tidak perlu menjadi lulusan dari universitas luar negeri untuk bekerja pada sektor ini. Sebab beberapa universitas lokal di Indonesia telah mampu mencetak para lulusannya dengan bekal pengetahuan akan keamanan siber yang tinggi. 

Jika kamu tertarik menekuni pekerjaan keamanan siber, maka kamu disarankan untuk mempelajari dan mengenal lebih dalam seputar What Is My IP, sebuah tool yang digunakan untuk memeriksa seluruh informasi yang terkait dengan jaringan internet. 

    %d blogger menyukai ini: