Tampilan Pemutar Video YouTube Android & iOS Kini Bisa Langsung Like di Video

Indri Penulis

Aplikasi YouTube Android dan iOS sekarang punya tampilan pemutar video baru, memungkinkan kamu melakukan like dan dislike langsung dari dalam video.

Sebagai salah satu aplikasi streaming video terpopuler di dunia, sudah nggak mengagetkan lagi kalau YouTube selalu merombak aplikasinya. Entah untuk menambah fitur baru, menghapus fitur tertentu (contohnya menghapus hitungan tombol Dislike), sampai merombak tampilan aplikasinya supaya lebih kekinian.

Nah ngomongin soal tampilan aplikasi YouTube, baru-baru ini YouTube juga resmi merombak tampilan aplikasi Android dan iOS-nya lho.

Sebenarnya ini bukan perubahan besar (perubahan tampilan aplikasi secara menyeluruh). Perubahan kali ini cuma menyasar tampilan pemutar video YouTube.

Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas. Itu adalah tampilan pemutar video terbaru YouTube Android dan iOS saat ini. Pada tab bagian bawah kamu bisa lihat adanya tombol Like, Dislike, Komentar, Simpan ke Daftar Putar dan tombol Bagikan di sisi kiri layar. Sedangkan di sudut kanan tab bawah ada tombol untuk menampilkan konten yang direkomendasikan.

Sekarang kita pindah ke tampilan pemutar video yang ada di tengah. Di bagian ini tidak ada perubahan apa pun. Pemutar masih menampilkan tab kontrol video yang berisi tombol Play, Next dan Previous.

Bagaimana dengan bagian atasnya? Nah bagian ini juga terlihat dirombak. Dulu tab bagian atas menampilkan tombol Simpan ke Daftar Putar, tombol Bagikan, dan tombol Lainnya (berisi fitur untuk memutar ulang video otomatis, mengatur resolusi, dll).

Kini berbeda. Tab bagian atas YouTube Android dan iOS menampilkan tombol Putar Otomatis, Hubungkan ke Perangkat, Subtitle dan Pengaturan (berisi fitur pengatur resolusi, pemutar ulang video, dll).

Dengan adanya perombahan pada tampilan pemutar video layar penuh, kini kamu bisa lebih fleksibel saat ingin berinteraksi dengan video.

Contohnya saat ingin like, dislike atau menambah komentar ke video. Kamu bisa melakukannya ‘langsung dari dalam video.’ Berbeda dengan dulu, di mana kamu harus memperkecil video untuk berinteraksi dengannya.

Saat menonton video dalam mode layar penuh dan misal kamu ingin melakukan interaksi, cukup klik layar satu kali. Setelah itu tombol Like, Dislike, Komentar, dll, bakal langsung muncul di dalam layar tanpa menghambat jalannya pemutaran video.

Gimana, kamu suka nggak dengan perubahan yang disajikan YouTube kali ini? Oya kalau tampilan pemutar aplikasi YouTube-mu belum berubah seperti gambar di atas, kamu perlu update aplikasi YouTube ke versi terbaru terlebih dulu.

    %d blogger menyukai ini: