Pemutaran di Latar Belakang Aplikasi YouTube Music Sekarang Gratis!

Ada kabar menarik buatmu pengguna aplikasi YouTube Music. Aplikasi YouTube Music kini memungkinkan pemutaran di latar belakang secara gratis.

YouTube dulu mungkin hanya dikenal sebagai platform streaming video. Tapi seiring berjalannya waktu, YouTube mulai mengepakkan sayap agar lebih menarik minat banyak orang.

Mulai dari menghadirkan fitur Shorts yang mirip TikTok ke dalam platform-nya, sampai peluncuran aplikasi YouTube Music pun sudah dilakoni YouTube.

Bicara soal aplikasi YouTube Music, baru-baru ini YouTube merilis pengumuman yang saya yakin pasti bakal bikin kamu suka.

Pada tanggal 5 Agustus 2021, YouTube mengumumkan kalau aplikasi YouTube Music akan mendukung fitur pemutaran di latar belakang secara “gratis.” Fitur ini akan tersedia pertama kali di Kanada mulai 3 November, sedangkan untuk negara-negara lain akan menyusul.

Saat ini fitur pemutaran di latar belakang hanya diizinkan untuk pelanggan YouTube Premium. Jadi kalau kamu nggak langganan, maka kamu nggak bisa pakai fitur ini. Jadi kalau misalnya kamu ingin membuka aplikasi lain atau mematikan layar, maka pemutaran lagu bakal berhenti.

Beda kalau dukungan terbaru ini sudah resmi diluncurkan. Kamu bisa menggunakan YouTube Music layaknya aplikasi pemutar musik biasa.

Sumber : Google Blog Canada

Misalnya kamu sedang streaming lagu “Savage” dari aespa di aplikasi YouTube Music, terus kamu ingin membalas chat doi di aplikasi WhatsApp. Kamu tinggal buka saja aplikasi WhatsApp. Lagu tadi akan tetap berputar, walau pun kamu membuka WhatsApp atau aplikasi lainnya.

Menariknya lagi, kamu nggak perlu repot-repot langganan YouTube Premium buat menikmati akses tak terbatas ini. Solusi tepat buat orang yang malas modal kan? Hehehe.

Tapi yang namanya fitur gratisan, tentunya juga bakal punya kekurangan. Walau kamu bisa memutar lagu sepuasnya sambil membuka aplikasi lain, aktivitas streaming-mu bakal terganggu oleh iklan.

Lalu bagaimana cara menghilangkan iklan di aplikasi YouTube Music? Ya gampang, kamu tinggal berlangganan YouTube Premium saja.

Kalau menurut saya pribadi sih, mending pakai yang gratisan saja. Toh paling iklan yang muncul cuma sebentar, nggak sampai beberapa menit. Tapi namanya orang, biasanya seleranya berbeda-beda kan.

%d blogger menyukai ini: