Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Pencarian untuk “coronavirus” di Google Tunjukkan Panduan Keamanan

cari google coronavirus
Anom Penulis

WHO sudah mendeklarasikan kalau virus corona merupakan kondisi darurat bagi kesehatan publik. Sebagai salah satu usaha pengamanan, Google menunjukkan panduan keamanan dan kesehatan ketika kamu mencari “coronavirus” di sana.

Sejak mewabahnya virus corona yang mulai terjadi di bulan Desember 2019, sudah tercatat sebanyak lebih dari 8000 kasus yang dikonfirmasi dengan korban meninggal lebih dari 170 orang. Untuk mencegah penyebaran lebih lanjut, langkah-langkah strategis pun sudah dilakukan.

popculture.id

Tidak sedikit sarana transportasi, termasuk maskapai penerbangan, membatalkan perjalanannya. Beberapa perusahaan teknologi, seperti Google dan Tesla, sudah menutup kantor di Cina untuk sementara waktu. Walau perusahaan manufaktur seperti Foxconn memberi pernyataan kalau produksi komponen smartphone terus berjalan, kondisi ke depan masih belum menentu.

Halaman pencarian Google tentunya merupakan hal pertama yang dituju ketika orang mencari mengenai virus corona. Oleh sebab itu, Google segera mengaktifkan mode khusus saat orang mencari “coronavirus”. Ketika kamu melakukan pencarian tersebut, akan muncul kolom Bantuan dan Informasi dari Bagan Kesehatan Dunia (WHO). Kemudian di bawahnya, terdapat tips keamanan praktis sehubungan dengan tindakan pencegahan.

pencarian google untuk coronavirus
Hasil pencarian Google untuk coronavirus

Saat ini (sampai artikel ini ditulis), hasil pencarian tersebut baru muncul ketika kamu mengatur pencarian dalam bahasa Inggris (baik di desktop maupun di ponsel). Informasi dan panduan belum muncul dalam pencarian bahasa Indonesia. Begitu pun untuk penulisannya. Hasil untuk “coronavirus” menunjukkan panduan, sedangkan Koronavirus atau virus corona belum menunjukkannya.

Tentu saja, karena virus ini sudah berstatus darurat secara internasional, tidak lama lagi peringatan, panduan, dan informasi bantuan itu pasti akan tersedia untuk semua bahasa, termasuk Indonesia.

Informasi seperti ini pastinya sangat berguna untuk memperjelas situasi. Kita bisa tahu kondisi sebenarnya dan apa yang harus kita lakukan sebagai langkah pencegahan atau menjaga kesehatan. Informasi ini juga mencegah hadirnya berita simpang siur yang tidak jelas.

    %d blogger menyukai ini: