Aplikasi WhatsApp Akan Punya Cara Pengaturan Penyimpanan Baru

whatsapp management storage

Kabar gembira buat kamu pengguna WhatsApp yang sering berkirim gambar atau video. Aplikasi WhatsApp akan punya alat pengaturan penyimpanan baru untuk hapus file yang lebuh gampang.

Ya, bukan rahasia lagi kalau foto, video, atau animasi GIF yang beredar di percakapan WhatsApp sering membuat kapasitas penyimpanan penuh. Memilah file tersebut pun tidak terhitung mudah.

Untungnya WhatsApp menyadari hal ini. Mereka mengunggah sebuah video yang menunjukkan bagaimana pengaturan penyimpanan baru ini bekerja.

Kalau melihat video tersebut, apabila kapasitas penyimpanan di smartphone kita hampir penuh, akan ada pemberitahuan. Kemudian kita bisa mulai memilih dan memilah file apa saja yang perlu kita hapus.

Walau ada peringatan tersebut, nampaknya kita juga tetap bisa mengatur sendiri dengan masuk ke Setelan > Data & Penyimpanan > Atur Penyimpanan (Manage Storage).

Sebelum pembaruan ini, kalau kamu masuk ke bagian Data & Penyimpanan lalu masuk lagi ke Penggunaan Penyimpanan, hanya terlihat percakapan dengan ukuran berkas masing-masing.

Nantinya, akan ada keterangan kapasitas penyimpanan, beserta kategori review. Di sana ada pengelompokan berkas berdasar ‘sering diteruskan’ dan ‘ukuran’. Baru di bawahnya terlihat masing-masing percakapan dan ukurannya.

whatsapp manage storage

Kelihatannya WhatsApp memang akan melakukan pembaruan besar-besaran. Selain fitur untuk menghapus berkas di penyimpanan yang lebih mudah ini, WhatsApp juga akan menambahkan fitur Pesan Sementara.

Lucunya, beberapa informasi ini hadir dari WhatsApp sendiri walau fitur yang bersangkutan belum resmi bergulir. Fitur Pesan Sementara sudah hadir di halaman Pusat Bantuan WhatsApp, sementara Pengaturan Penyimpanan ini hadir sebagai video di YouTube.

Hm, apa WhatsApp masih punya fitur baru lain yang akan segera rilis? Yah kita tunggu saja pembaruan aplikasi WhatsApp selanjutnya.

%d blogger menyukai ini: