Pengertian Direktori Windows System32 dan Alasan Tidak Bisa Dihapus

Bagi pengguna komputer tentu pernah melihat folder Windows System32. Sebenarnya apa fungsi folder tersebut? Lalu kenapa tidak bisa dihapus?

Pengguna komputer tentu akan melihat-lihat bagian dalam perangkat. Biasanya, suatu komputer memiliki beberapa direktori.

Direktori utama adalah โ€˜C:โ€™ atau biasa disebut โ€˜Local Disk (C:)โ€™. Direktori ini berfungsi untuk menyimpan aplikasi atau berbagai sistem komputer.

Dalam direktori utama itu, kalian akan menemukan folder System32. Sebenarnya folder ini telah disertakan dalam setiap versi Windows, tepatnya sejak Windows 2000.

Sumber Gambar : Lifewire

Apa Itu System32?

System32 adalah sebuah folder yang berisi banyak file sistem dan aplikasi. Bisa dibilang jika semua file yang ada di dalam folder System32 sangat penting.

Beberapa file penting yang ada dalam folder ini adalah Dynamic Link Library (DLL) dan File EXE (Executable). Selain itu System32 juga berisi folder drive, file bahasa, dll.

Apa yang Terjadi Jika System32 Dihapus?

Sebenarnya folder System32 pada Windows bisa dihapus. Tapi untuk menghapus folder ini, tidak bisa dilakukan dengan mudah.

System32 sulit dihapus karena folder ini dilindungi oleh sistem komputer. Jadi Windows akan menolak akses pengguna yang ingin menghapus folder tersebut.

Langkah preventif Windows juga dilakukan untuk mencegah pengguna yang tidak sengaja menghapus System32. Jika diamati, tentu folder System32 sangat penting bagi kelangsungan komputer.

Jika ingin menghapus System32, biasanya pengguna akan menghapus file individual dalam folder itu. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan Command Prompt untuk menghapus file.

Meski proses penghapusan berhasil, namun hal ini akan menimbulkan dampak pada komputer. Secara perlahan, komputer akan mengalami kerusakan sistem.

Beberapa hal yang terjadi jika System32 dihapus adalah tidak berfungsinya Search pada menu Start. Selain itu, kalian tidak akan bisa menginstal program apapun.

Hilangnya folder System32 juga membuat pengguna tidak bisa mematikan komputer dengan normal. Untuk mematikan komputer, kalian harus melakukan shutdown dan reboot secara paksa.

Jika folder System32 terlanjur hilang, maka kalian harus mengembalikannya. Hal ini bisa diatasi dengan menginstal ulang Windows agar semua berfungsi seperti semula.

Karena alasan di atas, tentu tidak heran jika Windows sangat melindungi folder ini. Jadi lebih baik pertimbangkan konsekuensinya sebelum menghapus folder System32.

More Stories
april mop
April Mop Terbaik di Industri Game, Banyak Player Tertipu!