Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

ASUS ROG 6 Series: The New King of Gaming Smartphone!

Indri Penulis

The King of Gaming Smartphone, ASUS ROG Phone 6 Series resmi debut dengan dua model yakni ASUS ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro.

Flashback ke tahun 2018, waktu ini ASUS bikin langkah besar yakni memboyong merek game ROG-nya ke ranah smartphone. Kayaknya baru kemarin, tapi nggak terasa sekarang sudah 6 tahun berlalu dan kini kita ketemu sama generasi terbaru ASUS ROG Phone 6 Series, penerus ASUS ROG Phone 5 Series yang rilis tahun lalu.

popculture.id

ASUS ROG Phone 6 Series saat ini hadir dalam dua model yakni ASUS ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. Sama seperti generasi sebelumnya, perbedaan antar model Pro dan non-Pro terletak pada kapasitas RAM. ASUS ROG Phone 6 Pro punya kapasitas memori sampai 18GB plus layar AMOLED mini yang bisa dikustom di bodi belakangnya.

ASUS ROG Phone 6 Pro

ASUS ROG Phone 6 Pro menawarkan semua hal yang kamu harapkan di smartphone gaming. Dimulai dari desainnya sampai internal yang super kuat.

Ponsel ini hadir dengan layar FHD+ AMOLED berukuran 6,78 inci dengan refresh rate 165Hz yang gila, chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dengan GPU Adreno 730, RAM LPDDR5 sampai 18GB, dan penyimpanan UFS 3.1 super cepat hingga 512GB.

Seperti model ASUS ROG Phone generasi sebelumnya, ASUS telah melengkapi ROG Phone 6 dengan baterai sel ganda 6.000mAh yang menawarkan dukungan fast-charging kabel 65W, dua port USB Type-C, jack headphone 3.5mm, pemicu udara yang dipasang di samping, dan juga speaker stereo.

Sekarang ganti ke spesifikasi kameranya. Dari dulu ASUS ROG Phone nggak terkenal dari kualitas kameranya, dan hal itu kembali terulang di tahun ini. Kali ini ASUS ROG Phone 6 Pro hadir dengan kamera utama Sony IMX766 50MP, kamera sudut lebar 13MP, dan kamera makro 2MP. Sedangkan di bagian depan ada kamera selfie 12MP.

Lalu bagaimana dalam hal konektivitasnya? Perangkat ini memiliki dukungan 5G, 4G LTE, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, dan NFC. Fitur penting lainnya termasuk susunan tri-mikrofon, layar PMOLED warna ROG Vision yang bisa disesuaikan di panel belakang, dan pemindai sidik jari dalam layar.

Kalau dari segi perangkat lunak, ROG Phone 6 Pro menjalankan ROG UI/Zen UI berbasis Android 12. Sayangnya, ASUS cuma menjanjikan dua peningkatan OS Android untuk perangkat dan dua tahun pembaruan keamanan.

Oya, ASUS ROG Phone 6 Pro dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus (sama seperti generasi sebelumnya). Satu lagi, ponsel ini sudah bersertifikat IPX4 yang artinya tahan air. Ponsel ini cuma hadir dalam satu warna yakni Storm White.

ASUS ROG Phone 6

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ASUS ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro adalah perangkat yang hampir identik. Model vanilla hanya kalah pada tampilan PMOLED warna ROG Vision di panel belakang, dan RAM-nya dibatasi maksimal cuma sampai 16GB.

ASUS kali ini menawarkan logo ROG RGB di panel belakang perangkat. Penempatan logo ROG Phone RGB kali ini sedikit berbeda. Jadi sudah seharusnya pengguna bisa membedakan antara varian Pro dan non-Pro nantinya.

Untuk spesifikasi lainnya seperti chipset Snapdragon 8+ Gen 1, penyimpanan UFS 3.1, baterai 6.000mAh dengan dukungan pengisian 65W, kamera, Corning Gorilla Glass Victus, dan juga tahan air IPX4. ASUS ROG Phone 6 akan tersedia dalam warna Phantom Black dan Storm White.

Fitur Permainan

Seperti yang kamu harapkan, ASUS telah mengemas ASUS ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro dengan berbagai fitur gaming. Contohnya sistem kontrol AirTrigger 6, yang memungkinkan pengguna memetakan hingga 14 titik sentuh tertentu pada layar secara bersamaan, pemicu ultrasonik di tepi kanan, empat tombol fisik tambahan dengan AeroActive Cooler 6, Gyroscopicaiming, dan sejumlah fitur perangkat lunak untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat bermain game.

Selanjutnya, ASUS telah meluncurkan pengontrol ROG Kunai 3 untuk ROG Phone 6 Series. Pengontrol ini hadir dalam dua warna yakni hitam dan putih.

    %d blogger menyukai ini: