Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Intel GPU Arc Pro Hadir Buat Manjain Workstation dan Laptop Tangguh

Indri Penulis

Intel siap ambil alih pasar GPU pro dengan meluncurkan GPU Arc Pro, setelah Maret lalu mereka meluncurkan GPU diskrit Intel Arc. GPU ini didesain khusus buat wrokstation dan laptop tangguh.

Seri GPU Arc Pro ini hadir dalam beberapa model. Ada Arc Pro A40 dan A50 yang didesain khusus untuk desktop workstation. Lalu ada juga Arc Pro A30M yang didesain khusus untuk laptop profesional.

popculture.id

Walaupun dirancang untuk perangkat yang berbeda, namun ketiga GPU terbaru Intel memiliki kesamaan. Mereka bertiga sama-sama mampu melakukan ray tracing berbasis perangkat keras dan akselerasi perangkat keras AV1.

Kalau tadi kesamaan dari ketiga GPU Intel baru ini, sekarang kita bahas perbedaan dari ketiga GPU Tersebut.

Dimulai dari model Arc Pro A40 terlebih dulu. GPU ini dikirimkan dalam bentuk slot tunggal kecil dengan kekuatan grafis 3,5 teraflops, 8 core ray-tracing, dan juga memori GDDR6 6GB. GPU ini ditargetkan buat desktop workstation ramping atau PC berbentuk kecil.

Sedangkan GPU Intel Arc Pro A50 hadir dengan slot ganda, daya grafis 4,8 traflops, 8 core ray-tracing, dan memori GDDR6 6GB. Karena mengusung desain dual-slot, GPU ini lebih cocok untuk workstation tradisional.

Sementara itu baik A40 atau A50, mereka berdua sama-sama dibekali 4 Mini DisplayPort untuk beberapa konfigurasi monitor. Intel mendukuang dua monitor pada 8K 60z, satu pada 5K 240Hz, dua pada 5K 120Hz, atau empat pada 4K 60Hz.

Oya walaupun kedua GPU bisa dipakai buat main game, tapi mereka tidak dirancang untuk bermain game. Sebaliknya, Intel mengoptimalkan kedua GPU-nya itu untuk tugas-tugas kelas profesional dan aplikasi kreator seperti Blender, HandBrake, Adobe Premiere Pro, DaVinci Resolve Studio, dll.

Sekarang gantian GPU Mobile A30M. GPU ini menawarkan kinerja grafis 3,5 teraflops, 8 core ray-tracing, dan juga memori GDDR6 4GB. GPU ini dirancang khusus untuk pemakaian daya maksimal antara 35 – 50 watt, serta output tampilannya akan bergantung pada konfigurasi laptop dari OEM.

Kapan jajaran Intel GPU Arc Pro tersedia? Dalam pengumumannya, Intel mengatakan kalau jajaran GPU terbarunya akan tersedia untuk perangkat laptop dan desktop akhir tahun ini.

    %d blogger menyukai ini: