Peran Krusial Internet Di Era Modern Ini

Jaman ini semua orang harus memahami apa itu internet, karena peran internet adalah penting bagi kehidupan manusia. Tidak hanya memberikan banyak informasi baru kepada penggunanya, internet juga bermanfaat sebagai alat untuk mencari mata pencaharian bagi sebagian besar masyarakat modern.

Seluruh aspek kehidupan manusia kini selalu mengandalkan kekuatan internet. Mulai dari mencari resep makanan, belajar, map, dan lain sebagainya. Semua memerlukan internet.

Pengertian dari Internet

Internet merupakan sebuah jaringan yang terhubung antara media elektronik yang satu dengan media lainnya. Teknologi yang mendukung penggunaan internet ini biasa disebut dengan Internet Protocol Suite. Penggunanya akan dapat melakukan pertukaran informasi dengan miliaran pengguna lain yang bisa saja berasal dari seluruh dunia.

Beberapa pengertian dari para ahli mengenai definisi internet bisa menjadi referensi yang lebih akurat. Penasaran tentang hal itu? Bisa lihat definisinya berikut ini.

1. Oetomo

Internet ini bisa diartikan sebagai jaringan komputer berukuran besar yang terdiri atas beberapa jaringan kecil yang saling berhubungan satu dengan lainnya. Pendapat menurut Oetomo ini dilontarkan pada 2002 silam.

2. Onno Purbo

Pengertian internet yang berikutnya berasal dari pendapat Onno Purbo yang tercantum di buku Prihatna tahun 2005. Definisi internet adalah sebuah media yang digunakan untuk membuat proses komunikasi menjadi lebih efisien. Media tersebut juga dapat tersambung melalui berbagai aplikasi semacam Web, Email, dan VoIP.

3. Harjono

Berdasarkan pendapat Harjono (2009), internet merupakan sekumpulan beberapa komputer yang jumlahnya mencapai lebih dari ratusan juta komputer yang berasal dari seluruh dunia. Komputer-komputer tersebut bisa saling terhubung satu dengan lainnya memanfaatkan media , seperti kabel, satelit, dan telepon.

4. Supriyanto

Berdasarkan Supriyanto (2006), internet yaitu sebuah hubungan dari komputer satu dengan lainnya yang juga terhubung dengan jaringan seluruh dunia yang mana mempunyai sistem operasi dan aplikasi yang berbeda-beda. Setiap hubungan tersebut menggunakan perangkat komunikasi yang dikembangkan, seperti satelit maupun telepon yang memiliki protocol standar untuk menghubungkan komunikasi.

5. Sibero

Menurut Sibero (2011), internet merupakan singkatan dari Inter-connected Network. Internet ini memiliki definisi sebagai jaringan komputer yang terkoneksi antar komputer secara menyeluruh atau global.

Sejarah Singkat Internet

Sebagian besar masyarakat jaman sekarang memang sudah memakai internet. Namun kebanyakan dari mereka tidak ada yang mengetahui sejarah terbentuknya internet.

Bagi kamu yang menyukai sejarah, bisa coba mengetahui sejarah internet yang dijelaskan secara singkat pada ulasan ini.

Departemen Pertahanan dan Keamanan Amerika Serikat membentuk sebuah agen khusus yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA). Agen tersebut yang membuat dirintisnya internet dari sebuah sistem jaringan yang dinamakan ARPANET. Sistem jaringan tersebut pada tahun 1980-an mulai dipakai oleh masyarakat dari kalangan terbatas.

Internet pada tahun tersebut juga sudah dipakai guna menghubungkan antar universitas maupun kampus. Jaringan ini menjadi semakin populer beberapa tahun kedepan. Pada tahun 1982, momen tersebut menjadi saksi adanya publikasi ke public mengenai Protokol standar TCP/IP. Nama domain mulai ada empat tahun setelahnya.

Peranan ARPANET digantikan oleh NSFNET pada tahun 1986 yang memiliki kepanjangan National Science Foundation Network. Ada banyak sekali jaringan bersifat internasional dari beberapa negara yang dikoneksikan melalui NSFNET.

Fungsi Internet Bagi Kehidupan Manusia

Kamu yang masuk dalam kategori generasi jaman now tidak mungkin bisa dipisahkan dari internet. Tanpa internet kamu tidak akan bisa update Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain. Beberapa fungsi lainnya:

1. Mempermudah Komunikasi

Pada jaman dahulu sebelum akses internet menjadi sangat mudah seperti sekarang, orang-orang berkomunikasi jarak jauh menggunakan surat. Sudah pasti perlu waktu lama agar bisa sampai ke alamat yang dituju.

Berkat internet ini, komunikasi antar orang bisa menjadi lancar dan tidak perlu jeda waktu berbulan-bulan seperti dulu. Bahkan, kamu juga dapat melakukan komunikasi massal alias group menggunakan zoom yang terhubung ke internet.

2. Menunjang Mata Pencaharian Manusia

Sebagian besar negara yang maju selalu tidak lepas dari koneksi ke internet yang ekstra cepat. Mereka memiliki jaringan 5G yang pastinya lebih baik daripada 4G dalam hal kecepatan akses. Dengan kecepatan seperti itu sudah pasti ada banyak pekerjaan yang bisa cepat terselesaikan juga. Misalkan saja upload video atau file-file pekerjaan.

Bahkan ada juga beberapa pekerjaan yang memang berasal dari internet, seperti Youtuber, content writer, marketing, dan lain-lain. Kamu juga bisa saja mencari banyak jurnal terkait penelitian dan ini sangat krusial bagi para peneliti. Peran internet adalah tidak terpisahkan lagi bagi kehidupan manusia modern.

3. Tempat Mencari Hiburan

Kamu gemar menonton video di Youtube, menonton film streaming website, hobi mendengarkan musik, download game, itu semua perlu koneksi internet. Hampir bisa dikatakan bahwa semua hobi yang tidak berkaitan dengan olahraga saat ini membutuhkan sambungan ke internet. Manusia dan hobinya sudah tidak lagi dapat dipisahkan dari internet.

Dampak Positif dari Internet

Internet membawa banyak sekali dampak baik bagi manusia. Beberapa dampak positif:

  • Mempermudah perolehan informasi.
  • Mempermudah menyelesaikan tugas.
  • Memudahkan orang dalam menemukan sebuah solusi suatu permasalahan.
  • Sebagai sarana hiburan.
  • Melancarkan bisnis.
  • Memudahkan proses komunikasi.

Baca Juga : Hosting adalah database di Internet

Dampak Negatif dari Internet

Internet tidak hanya membawa dampak baik bagi kehidupan manusia. Ada juga dampak buruk yang susah dihindari bagi penggunanya. Beberapa dampak buruk tersebut:

  • Munculnya cyber crime.
  • Munculnya cyber bullying.
  • Pengaruh negatif akibat konten yang buruk.
  • Tersebarnya sampah informasi alias hoax.
  • Terlupakannya budaya tradisional.
  • Anak-anak lebih jarang berkomunikasi dengan orang di dekatnya.
  • Malas belajar, terutama bagi anak-anak.

Cara Menggunakan Internet Secara Baik

Internet memang mirip pisau yang bisa dipakai untuk kebaikan atau kejahatan. Tinggal tergantung kepada orang yang menggunakannya. Namun kamu yang memiliki adik kecil di rumah perlu mengajarkan cara memanfaatkan internet secara positif.

1. Membuka Website yang Positif

Internet berisi banyak pengetahuan yang positif. Kamu akan bisa mencari konten website berisi resep masakan, diy kerajinan tangan, aplikasi olahraga, dan software open source. Kamu juga bisa saja menggunakan konten untuk belajar berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaan.

2. Jangan Mudah Terpengaruh dan Percaya

Tidak semua informasi yang tersebar di internet itu merupakan fakta atau berita yang bermutu. Kamu tahu sendiri kalau ada banyak hoax yang bisa tersebar melalui internet. Jadi jangan mudah percaya terhadap semua informasi yang beredar di internet. Usahakan untuk pandai-pandai dalam memilah berita dari media yang beredar.

3. Hati-Hati dengan Akun yang Dimiliki

Setiap kali kamu melakukan login, usahakan untuk tidak melakukan save terhadap ID dan password. Melakukan penyimpanan terhadap keduanya dapat mempermudah orang membobol akun kamu. Perlu juga melakukan logout setelah selesai menggunakan suatu akun demi keamanan kamu.

banner cybersport