4 Perbandingan Headphone Bluetooth dan Kabel

jika-terlalu-sering-menggunakan-headset-hero-banner-magz-(1510x849)

Kalian pasti sudah tahu jika sekarang banyak sekali yang mempermasalahkan headphone jack, lantaran beberapa smartphone sudah mulai menghilangkan fitur tersebut. Dari hal tersebut, akhirnya munculah tipe baru dari headphone yang bernama bluetooth headphone.

Sekarang tanpa menggunakan kabel, kamu sudah bisa mendengarkan musik atau apapun dari smartphone-mu. Lantas apa sebenarnya yang mejadikan hal tersebut sebuah masalah? Bukankah kualitasnya jauh lebih baik?

Tidak semua orang setuju dengan hal tersebut, tak sedikit juga yang berpendapat jika headphone berkabel masih jauh lebih bagus dari bluetooth headphone.

Akhirnya pendapat-pendapat tersebut menciptakan berdebatan yang tidak ada habisnya, padahal jika kita mau mengulasnya lagi, kedua tipe headphone tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing jika dibandingkan.

Lalu, apa sajakah perbandingan-perbandingan tersebut? ini dia ulasan-ulasannya!

Kualitas suara

Sumber Gambar : lifestyle.kompas.com

Untuk masalah kualitas suara, kabarnya bluetooth headphone tidak memiliki kualitas suara sebaik headphone kabel.

Hal ini karena bluetooth headphone tidak memiliki kabel layaknya headphone kabel yang mampu menghantarkan listrik.

Apalagi jika jarak bluetooth headphone-mu terlalu jauh dengan mediumnya, maka akan membuat suara yang dikeluarkan terputus-putus.

Tetapi kelebihan dari bluetooth headphone ini adalah, suaranya tidak banyak berubah jika dipasangkan dengan medium yang lain.

Namun kesimpulan dari kualitas suaranya adalah, headphone kabel mempunyai kualitas suara yang lebih baik dibanding bluetooth headphone.

Pengisian baterai

Sumber Gambar : IDN Times

Satu hal lagi yang membedakan kedua produk ini adalah, dari segi pengisian dayanya. Berbeda dengan headphone berkabel yang tak perlu mengisi daya, disini penggunaan bluetooth headphone harus diisi daya baterainya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Itu artinya kamu harus selalu memperhatikan baterai pada smartphone, MP3 maupun perangkat elektronik lainnya yang kamu gunakan sebagai penyimpanan lagu.

Sedangkan untuk headphone berkabel, masalah yang sering kamu temui adalah kabel headphone yang kusut akibat menyimpan atau membawanya secara tidak benar.

Meskipun tak perlu repot megisi daya baterai, tetapi waktumu bisa terbuang sia-sia hanya untuk membenarkan kabel headphone yang kusut.

Lebih Praktis

Sumber Gambar : Bobo.ID – Grid.ID

Saat mnggunakan bluetooth headphone, kamu tak perlu bingung dan bete saat harus membenarkan kabel yang kusut, apalagi saat kamu harus buru-buru menggunakannya.

Itulah yang membuat bluetooth headphone ini lebih praktis dibandingkan headphone berkabel.

Namun meskipun terbilang cukup praktis, bluetooth headphone ini cenderung akan lebih mudah hilang, karena tak ada kabel yang menempel pada smartphone.

Sedangkan untuk headphone berkabel, kelemahannya adalah kabelnya yang bisa putus kapan saja. Dan lebih parahnya lagi, seringkali yang terputus adalah kabel bagian dalamnya. Jadi akan membuat kamu tak bisa mendengar apa-apa.

Tapi saat mengunakan headphone berkabel, kamu tak perlu takut jika headphone-mu jatuh, karena kabel dari headphone tersebut bisa menjadi pengaman sekaligus penyelamatmu.

Kecanggihan

Sumber Gambar : soundguys.com

Membahas perihal kecanggihan, nampaknya bluetooth headphone ini terlihat lebih canggih dibanding headphone berkabel.

Hal ini karena bluetooth headphone lebih mudah dipasangkan dengan barang-barang apapun selagi barang tersebut memiliki fitur bluetooth.

Kamu tak perlu lagi bingung dengan lubang jack yang terkadang berbeda-beda ukurannya. Satu hal yang menjadi permasalahannya adalah, jika bluetooth penyimpanan lagumu bermasalah, sehingga akan lebih sulit menerima sinyal.

Dan untuk penggunaan headphone berkabel, kita harus menyesuaikan terlebih dahulu kabel jack-nya.

Pada umumnya kabel jack yang dimiliki headphone adalah 3,5mm, itu merupakan ukuran rata-rata yang biasanya dimiliki smartphone atau MP3 lainnya.

Permasalahan lain dari headphone berkabel adalah, mulai banyaknya smartphone yang sudah tidak menggunakan headphone jack, sehingga kamu tidak bisa lagi menggunakan headphone berkabelmu.