Sering Salah Kaprah, Inilah Perbandingan Smart TV VS Android TV Box

Beberapa orang sulit membedakan antara Smart TV dan Android TV Box. Agar tidak bingung, inilah perbandingan Smart TV VS Android TV Box.

Di era modern ini, sebagian pengguna sudah mulai meninggalkan TV konvensional. Sebagai gantinya, mereka mulai beralih memakai Smart TV yang katanya lebih canggih.

Lalu beberapa lainnya ada yang memakai Android TV Box sebagai pendamping TV. Tapi apa itu Android TV Box? Apakah dia sama dengan Smart TV?

Inilah yang biasanya membuat orang salah kaprah. Yakni membedakan Smart TV dengan Android TV Box. Jadi agar tidak bingung, saya akan berikan perbandingan antara Smart TV VS Android TV Box.

Perbandingan Smart TV VS Android TV Box

Smart TV

smart tv nokia
Smart TV Nokia

Smart TV juga biasa dikenal sebagai Internet TV. Smart TV adalah TV apa pun yang bisa menyediakan program tambahan lewat jaringan internet.

Kalau diumpamakan, Smart TV mirip seperti komputer ada di dalam TV. Smart TV punya beberapa fitur utama yang membuatnya berbeda dari TV biasa.

Selain mampu terhubung ke Internet, Smart TV juga punya beberapa aplikasi bawaan. Sebut saja seperti aplikasi Netflix, YouTube atau Facebook. Kamu juga bisa memasang dari bursa aplikasi bila tersedia (atau lewat situs).

Pro

  • Bisa langsung terhubung ke internet dan aplikasi.
  • TV all-in-one dan tidak membutuhkan banyak pengaturan.

Kontra

  • Kumpulan aplikasi di dalamnya terbatas.
  • Harga relatif lebih mahal.

Android TV Box

Sumber Gambar : Xiaomi Today

Android TV Box adalah sebuah kotak kecil tambahan untuk TV. Bukan sekedar kotak biasa,  bisa dibilang ini adalah komputer Android kecil yang bisa mengubah berbagai macam TV menjadi Smart TV.

Kotak ini akan menyajikan banyak aplikasi Android untuk TV. Seperti di smartphone, kalian bisa mengunduh berbagai aplikasi Android untuk TV lewat Google Play Store.

Selanjutnya, kalian bisa menginstal aplikasi tersebut di TV. Bahkan kalian bisa melakukan berbagai hal layaknya di komputer. Misalnya seperti streaming video sampai menulis email.

Pro

  • Android TV Box bisa mengubah TV apa pun menjadi Smart TV.
  • Biayanya lebih mudah dibanding Smart TV.
  • Koleksi aplikasi yang ditawarkan jauh lebih banyak.

Kontra

  • Perlu menambah item lain (Android TV Box) ke TV.
  • Proses biasanya lebih rumit di tahap awal.
  • Perlu mempelajari antarmuka Android.

Jadi Mana yang Harus Dipilih?

Bagi sebagian orang, Smart TV mungkin pilihan yang bagus. Tapi Android TV Box yang dikombinasikan dengan TV biasa juga patut dipertimbangkan. Kenapa? Karena harganya jauh lebih murah dibanding Smart TV (biasanya harganya jutaan).

Harga mahal yang dibanderol Smart TV tidak sesuai dengan daya komputasinya. Smart TV hanya punya beberapa aplikasi bawaan dan firmware-nya jarang update. Sedangkan Android TV Box menyajikan banyak aplikasi tambahan lewat Google Play Store.

Kembali lagi ke kebutuhan kalian. Kalau kalian perlu TV hanya untuk streaming film dari Netflix atau acara biasa, maka Smart TV bisa jadi pilihan. Tapi kalau ingin TV yang bisa sekaligus jadi komputer, maka Android TV Box bisa jadi pilihan.

%d blogger menyukai ini: