Perbandingan Spesifikasi Xbox Series X dan S

xbox series x dan s

Microsoft sudah memperkenalkan konsol game Xbox Series S. Konsol game ini menjadi pilihan yang lebih terjangkau dari pada Xbox Series X. Sejauh mana perbedaan spesifikasi antara Xbox Series X dan S?

Xbox Series S

Konsol ini jelas berbeda dengan kakaknya. Selain dari masalah spesifikasi, Series S juga merupakan konsol yang hanya mendukung konten digital. Artinya, tidak ada dukungan Blu-ray.

Tentu saja, perbedaan paling mencolok adalah bentuknya. Walau sama-sama kotak, Xbox Series S lebih tipis dari Series X. Lalu ada bidang lubang udara berbentuk lingkaran warna hitam di bodinya yang berwarna putih. Desain ini sontak membuat Xbos Series X menjadi meme di internet.

xbox series s

Microsoft memasang CPU yang sama di Xbox Series S dengan di Series X. Bedanya hanya di kecepatan frekuensi saja. Perbedaan yang cukup signifikan ada di GPU-nya. Walau kemampuannya 3 sampai 4 kali lebih hebat dari Xbox One, Series S punya kemampuan di bawah Series X.

Sisi baiknya, kamu tidak perlu monitor canggih untuk memainkan game. Microsoft menyasar pengguna dengan monitor 1080p atau 1440p. Hal ini juga membuat Xbox Series S punya harga lebih murah, yaitu $299.

Perbandingan Spesifikasi

Kalau kamu memang penasaran bagaimana perbandingan spesifikasi antara Xbox Series X dan S, silakan lihat tabel di bawah ini.

Xbox Series XXbox Series S
CPU8-core AMD Zen 2 CPU @ 3.8GHz (3.6GHz with SMT)8-core AMD Zen 2 CPU @ 3.6GHz (3.4GHz with SMT)
GPUAMD RDNA 2 GPU 52 CUs @ 1.825GHzAMD RDNA 2 GPU 20 CUs @ 1.565GHz
Kekuatan GPU12.15 teraflops4 teraflops
System on a Chip (SoC)custom 7nm Enhanced SoCcustom 7nm Enhanced SoC
RAM16GB GDDR610GB GDDR6
Target Performa4K @ 60fps, sampai 120fps1440p @ 60fps, sampai 120fps
Penyimpanan1TB PCie Gen 4 NVME SSD512TB PCie Gen 4 NVME SSD
Penyimpanan Tambahan1TB expansion card1TB expansion card
Disc Drive4K UHD Blu-rayDigital only
Colokan MonitorHDMI 2.1HDMI 2.1
Harga$499$299

Dari perbandingan di atas, sudah jelas perbedaan kemampuan dan harganya. Jadi, kalau kamu memang ingin main game di konsol tapi tidak membutuhkan penampilan yang benar-benar wah, kamu bisa memilih XBox Series S.

Tapi tentu saja, karena hanya mendukung konten digital, koneksi internet yang yahud jelas kamu butuhkan. Silakan pertimbangkan masak-masak.

%d blogger menyukai ini: