Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Perbandingan Wireless Earphone Erato Muse 5, Apple Airpords dan B & O E8

Indri Penulis

Beberapa waktu lalu, wireless earphone memang semakin populer. Hal ini terjadi semenjak Apple mengenalkan Airpod bersamaan dengan perilisan iPhone 7, pada tahun 2016 lalu.

Teknologi wireless memang sangat bermanfaat bagi pengguna. Dengan menggunakan Bluetooth, maka earphone dapat terhubung dengan smartphone atau perangkat lain.

popculture.id

Setelah kehadiran Airpods, mulai muncul brand-brand wireless earphone yang lain. Sebut saja B & O besutan E8, serta Erato dengan Muse 5.

Lalu dari ketiga wireless earphone tersebut, manakah yang lebih bagus? Berikut ini ulasan selengkapnya:

Muse 5

Sumber Gambar : YouTube

Muse 5 adalah salah satu produk wireless earphone besutan Erato. Erato sendiri merupakan pabrikan audio yang berasal dari California, Amerika Serikat.

Walaupun tergolong perusahaan baru karena berdiri di tahun 2015, namun Erato sudah membuktikan pencapaian mereka, yaitu dengan merilis Muse 5.

Muse 5 dilengkapi dengan beragam fitur menarik. Dengan menggunakan desain in-ear, menjadikan Muse 5 lebih menekankan teknologi 3D Sorround.

Wireless earphone ini dilengkapi dengan driver 5.8mm, serta frekuensi 20 Hz – 20 KHz Muse 5. Dengan teknologi tersebut, Muse 5 dapat memberikan kualitas 3D Sorround yang sangat nyata.

Selain itu, Muse 5 sangat direkomendasikan untuk mendengarkan beberapa lagu dengan keseimbangan suara, serta sundstage yang sangat luas.

B & O E8

Sumber Gambar : Harvey Norman

B & O selama ini memang sangat terkenal di dunia audio. Produsen earphone yang berasal dari Denmark ini memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab mereka sudah banyak membuat produk berkualitas.

Tidak hanya itu, produk E8 miliknya juga diklaim bisa memberikan pengalaman mendengarkan musik yang paling lengkap serta kuat.

Jika dilihat dari spesifikasi E8, maka wireless earphone tersebut menggunakan dynamic driver 3.77 mm. Dimana secara umum teknologi tersebut dapat memberikan kualitas suara yang cukup hangat, dengan soundstage yang cukup besar.

E8 menawarkan kualitas bass yang cukup kuat, bahkan kualitas bass mereka dapat melampaui Airpods. Tapi mereka masih dibawah ambang Bose SoundSport Free.

Treble yang dimiliki E8 sudah cukup seimbang serta halus. Dengan begitu, E8 tidak akan menyebabkan telinga mudah lelah ketika mendengarkan musik.

Apabila pengguna masih belum cukup puas dengan apa yang diberikan E8, maka jangan khawatir. Karena pengguna bisa mengatur equalizer sesuai kebutuhan.

Airpods

Sumber Gambar : 9to5Mac

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Airpods merupakan produk wireless earphone besutan Apple. Earphone ini menawarkan teknologi yang mumpuni.

Dengan Airpods, pengguna dapat mendengarkan suara jernih meskipun tengah berkendara dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam.

Walaupun begitu, kualitas suara yang dihasilkan oleh Airpods tidak bisa diragukan. Secara keseluruhan earphone ini memang oke, apalagi jika hanya digunakan untuk mendengarkan lagu, telepon maupuan video call.

Sebenarnya ketiga wireless earphone di atas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini bisa kalian jadikan referensi untuk memilih salah satu dari mereka.

Airpods sangat cocok bagi kalian yang ingin memiliki wireless earphone dengan konektivitas bagus. Airpods sangat direkomendasikan untuk kalian yang hanya ingin mendengarkan lagu, telepon atau video call.

Sementara untuk Muse 5, wireless earphone ini bisa tahan air. Dari ketiga earphone yang kami sebutkan, maka Muse 5 adalah yang paling tahan banting. Dari segi suara, earphone ini cukup seimbang digunakan mendengarkan beragam jenis musik.

Dan yang terakhir adalah B & O E8 adalah pilihan pas bagi kalian yang ingin mendapatkan kualitas suara tinggi. Tentunya selain kualitas, E8 mempunyai tampilan yang sangat cantik dan elegan.

    %d blogger menyukai ini: